“ECONCERT TUPPERWARE” BAWA MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI RAIH JUARA 3 LOMBA KOMTIF 2018

Mahasiswa Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta (FIS UNY) telah berhasil meraih prestasi dalam lomba bidang public relation atau kehumasan tingkat nasional. Mereka berhasil meraih prestasi di ajang Angsaka, Angsaka (Ajang Kreasi Strategi Komunikasi) adalah salah satu kompetisi dalam rangkaian acara Komunikasi Kreatif (KOMTIF) 2018 yang diadakan oleh Sekolah Tinggi Multi Media “MMTC” Yogyakarta pada Jumat – Sabtu (12-13/10) lalu.  Tim dari Ilkom FIS UNY menggunakan nama The DOR team. Team tersebut terdiri dari Devin Airlangga, Norika Hidayati, Rikza Afriansyah (mahasiswa Ilmu Komunikasi angkatan 2017) berhasil meraih juara 3 dalam lomba Angsaka ini.
Mengangkat tema besar KOMTIF 2018 “Strategi Inovatif untuk Industri 4.0”,  Angsaka tahun ini menantang pesertanya dengan tema “Positif di Dunia Digital, Inovatif dalam Dunia Kreatif”. Dalam lomba Angsaka, peserta diminta untuk menempatkan diri sebagai PR suatu perusahaan atau PR Consultant yang akan menawarkan strategi komunikasi kreatif berupa program PR (campaign, event, atau program lainnya) yang menggunakan media digital dalam mengenalkan dan mengembangkan produk atau jasa di bidang kreatif. The DOR team sendiri menepatkan diri sebagai PR dari PT.Tupperware Indonesia yang mengemukakan sebuah inovasi produk yang bernama “Econcert Tupperware” sebagai salah satu solusi dari masalah sampah plastik seusai konser musik berlangsung.
Disampaikan Norika, “Dengan inovasi penggabungan wadah makanan dan minuman dalam satu produk, diharapkan dapat menggantikan penggunaan wadah makanan dan minuman berupa kertas, sterofoam, dan plastik sekali pakai.” Ungkap Norika. Devin menambahkan saat ini masyarakat masih beranggapan bahwa setiap selesai konser musik, sampah palstik akan menumpuk, dengan adanya produk ini harapannya  anggapan tersebut bisa dihapuskan. “Harapannya, stereotype konser musik yang identik dengan sampah dapat terhapuskan dan pengguna Econcert dapat berkontribusi dalam pengurangan sampah plastik.” Imbuh Devin.
Sedangkan Rikza menyampaikan strategi promosi dengan menggunakan hastag di media sosial juga sangatlah penting. “Media digital juga digunakan dalam mengenalkan dan mengembangkan produk Econcert ini dengan cara memviralkan hastag #EconcertUntukIndonesia di media sosial Tupperware serta lewat event Econcert Music New Year sebagai salah satu bentuk upaya perwujudan revolusi tahun baru yaitu program Indonesia bebas sampah 2020.”papar Rikza. (sari)