AJAK MASYARAKAT BERPATISIPASI DI DIES NATALIS 52 UNY, FIS SIARAN LANGSUNG DI ADiTV

Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta (FIS UNY) menjadi tuan rumah Dies Natalis ke 52 UNY. Dalam rangka mempromosikan kegiatan - kegiatan yang ada selama perayaan Dies tahun ini, FIS UNY melakukan promosi di stasiun TV ADiTV, pada Senin (7/03) pukul 19.30 WIB. Siaran langsung tersebut dikemas dalam bentuk talkshow yang diberi nama Dialog Khusus. Acara ini menghadirkan narasumber rektor UNY, Prof. Dr. Rochmat Wahab, M.Pd., M.A. Nara sumber kedua, Dekan FIS UNY, Prof. Dr. Ajat Sudrajat., M.Pd., M.A. Pembicara ketiga menghadirkan ketua panitia dies natalis, Dr. Nasiwan, M.Si. 
Dalam siaran langsung yang terbagi menjadi 4 segmen tersebut para narasumber berbagi tentang tujuan dari kegiatan dies natalis tahun ini, seperti yang disampaikan oleh rektor bahwa “Dies Natalis UNYyang  tiap tahun dirayakan dengan meriah tidak hanya melibatkan civitas akademika di UNY tapi juga masyarakat Yogyakarta, hal ini karena UNY sebagai universitas wajib melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Untuk hal ini khususnya perwujudan dari pengabdian kepada masyarakat. Dalam hal ini kampus dekat dengan masyarakat untuk berkontribusi memecahkan masalah yang di tengah masyarakat.”ungkap Rochmat.
 Sedangkan Dekan FIS juga menyampaikan dalam kegiatan Dies Natalis tahun ini FIS sebagai penyelenggara tentu juga mempunyai kegiatan unggulan salah satunya adalah seminar Internasional. “Dalam Dies Natalis ke 52 ini, FIS UNY sebagai tuan rumah mempunyai beberapa program atau kegiatan unggulan, salah satunya adalah kegiatan Seminar Internasional yang akan digelar tanggal 11 -1 2 Mei mendatang. Dalam seminar ini akan menghadirkan pembicara Prof. Ruur Venhoven dari Erasmus University, Netherland, Dr. Shun Wang dari Korean Development Institute, Korea Selatan, Dr. Yanuar Nugroho, dari University of Manchester, Inggris dan Prof. Zamroni, Ph.D dari Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia.” papar Ajat.
Dr. Nasiwan, M.Si sebagai ketua panitia juga memaparkan “Selain Seminar Internasional yang diselenggarakan FIS, masih ada 7 seminar Internasional lain yang akan diselenggarakan oleh Fakultas dan lembaga lain yang ada di UNY. Selain kegiatan yang bersifat ilmiah tentu panita dies juga telah merancang berbagai macam kegiatan lain yang tentu sebagai salah satu perwujudan Tri Dharma Perguruan tinggi seperti yang telah disampaikan Bapak Rektor sebelumnya. Diantaranya kami akan menyelenggarakan baksos, berbagai macam perlombaan atau festival seperti Festival Kuliner, Difable fair, Lomba Cipta karya dan Pameran Batik Nusantara, pameran buku, Lomba best practice (inovasi pembelajaran) dan lomba Hasil penelitian pembelajaran untuk guru se-DIY dan Jateng, Lomba Kepala sekolah Laboratorium UNY berprestasi, dan masih banyak lagi kegiatan yang tidak hanya melibat civitas akademika UNy tetapi disini kami sekalgus juga mengundang seluruh masyarakat untuk berpartisipasi dalam berbagai ajang yang diselenggarakan dalam rangka dies natalis kali ini.” urai, Nasiwan.
Semoga Dies natalis ke 52 UNY tahun ini tidak hanya dirayakan dan memberikan kebahagiaan bagi civitas akademika UNY, namun bisa lebih bermanfaat dan memberi kontribusi dalam membangun Indonesia, seperti tema Dies tahun ini,m “ Kontribusi Pendidikan dalam Memuliakan Martabat Manusia.” Aamiin. Jayalah UNY, Jayalah Indonesia. (Sari)