AJAT SUDRAJAT PROFESOR PERTAMA BIDANG ILMU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

UNY akan mempunyai seorang Guru Besar Pertama dalam bidang ilmu Pendidikan Agama Islam. Prof. Dr. Ajat Sudrajat, M.Ag., dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ekonomi (FISE), Selasa (5/4), akan menyampaikan Pidato Pengukuhan yang berjudul  “Pendidikan Agama Islam yang Ilmiah dan Amaliah”, pada Rapat Terbuka Senat UNY, di ruang Sidang Utama Gedung Rektorat UNY.

Profesor kelahiran Ciamis, 21 Maret 1962 ini mulai mengabdikan diri di UNY  tahun 1990 sebagai dosen pada Unit Mata Kuliah Umum (MKU) dan dosen Jurusan Pendidikan Sejarah, Prodi Ilmu Sejarah  Fakultas Ilmu Sosial. Selama menjadi dosen ia mengampu beberapa mata kuliah yaitu Agama Islam (UNY), Filsafat Sejarah (Pendidikan dan Ilmu Sejarah), Sejarah Asia Barat (Ilmu Sejarah), SKI Islam (Ilmu Sejarah), Sosiologi Agama (Pendidikan Sosiologi), Seminar Proposal Tesis (Pasca UNY), Perilaku Moral (Pasca UNY). Ia juga pernah menjadi konsultan pada Direktorat Pendidikan Menengah Umum Depdiknas dalam penyusunan Buku Panduan KBK untuk Rumpun Pendidikan Agama. Selain mengajar, Prof. Ajat  banyak melakukan penelitian, pengabdian pada masyarakat dan menulis karya ilmiah dan  buku. Tidak kurang dari 18 penelitian, 33 karya ilmiah, 14 buku yang telah ditulisnya. Tidak terhitung lagi berbagai kegiatan seminar, lokakarya, penataran dan workshop yang telah dijalaninya.

Ajat yang berhasil memperoleh gelar profesor di usia yang relatif masih muda, belum 50 tahun, mengatakan semua ini hasil kerja keras, buah kesabaran, ketekunan dan doa. Kini tinggal di Jl. Candi Sambisari, RT. 04/RW 01, Dusun Kadirojo I, Purwamartani-Kalasan Sleman bersama Iim Wartimah (istri),  dan ketiga anaknya, Muh. Hielmy Zainul Alam, Muh. Irfan Zaky Mubarrak, 3. Fitri Tsalisa Fadlilarahma.(lensa).