COACHING CLINIC UNTUK MENAKLUKAN SCOPUS

Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta (FIS UNY) gelar coaching clinic penulisan artikel untuk publikasi pada jurnal scopus di Ruang Lafran Pane FIS UNY belum lama ini. Kegiatan ini diikuti oleh dosen FIS. Adapun narasumber kegiatan adalah Prof. Dr. Irwan Abdullah yang merupakan Guru Besar Antropologi, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Gadjah Mada.

Irwan Abdullah menjelaskan beberapa hal kunci dalam menulis artikel agar dapat dipublikasikan dalam jurnal terindeks scopus. Menurut dosen UGM tersebut, pertanyaan penelitian yang jelas akan menghasilkan penelitian yang jelas sehingga penulis harus mamastikan bahwa pertanyaan penelitian disampaikan dengan jelas sehingga reviewer jurnal dapat memahami artikel dengan baik.

Lebih lanjut Irwan menggambarkan penulisan artikel dengan segitiga dimana pada sudut segitiga tersebut terdapat tiga hal utama yang harus diperhatikan dalam penulisan artikel yaitu tujuan, metode dan hasil. Tujuan dapat berupa deskriptif, kritis dan transformatif. Metode mencakup observasi, wawancara, FGD. Adapun hasil mencakup deskripsi, faktor, dan model atau strategi.

Dosen yang aktif menjadi reviewer penelitian dan trainer pelatihan kepemimpinan dan metodologi tersebut juga memberikan contoh-contoh mengenai berbagai macam tujuan penelitian misalnya tentang tujuan kritis yaitu apakah faktor-faktor yang dapat mendukung peningkatan kompetensi guru. Dengan tujuan tersebut maka hasilnya berupa penjelasan tentang faktor-faktor yang dimaksud dalam tujuan.

“Tujuan, Metode, dan Hasil harus sejalan artinya bahwa tujuan penelitian harus relevan dengan metode dipilih dan hasil yang diperoleh misalnya jika tujuannya adalah deskriptif maka metodenya dapat berupa observasi dan wawancara sedangkan hasilnya berupa deskripsi. Keterkaitan antara tiga hal inilah yang harus diperhatikan penulis. Jika tiga hal ini sudah terpenuhi maka penulis sudah memenuhi separuh artikel” imbuhnya (Eko)