DEWAN PERTIMBANGAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA,

Dewan Pertimbangan Universitas Negeri Yogyakarta, yang terdiri dari GBPH Prabukusumo,  Kyai Ashari Abta,   Prof. Dr. Herminarto Sofyan, MPd, Drs. Sardiman AM, M.Pd, dan Prof. Dr. Yoyon Suryono, melakukan road show ke Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta (FIS UNY), Senin (20/2) mulai pukul 13.00 WIB dan berlangsung hingga pukul 15.30 WIB. Kunjungan mereka kali ini adalah dalam  rangka sosialisasi Dewan Pertimbangan Universitas sebagai organ baru di UNY.

Dewan Pertimbangan Universitas merupakan organ  yang melaksanakan fungsi pertimbangan yang bersifat non akademik, sementara yang melakukan fungsi pertimbangan akademik bagi Rektor adalah Senat Universitas. Dewan Pertimbangan memiliki tugas menelaah, memberi pertimbangan dan saran/pendapat tentang kebijakan pimpinan/Rektor yang mencakup bidang 1) organisasi, 2) Sumber Daya Manusia, 3)Sarana dan Prasarana, 4)Keuangan, 5)Pengembangan Unit Usaha dan 6) Pengelolaan Universitas.

Dalam sosialisasi ini Gusti Prabu selaku Ketua Dewan Pertimbangan Universitas  memberikan penekanan tentang pentingnya pendidikan di Perguruan Tinggi (PT), khususnya harus berlandaskan kejujuran (semua civitas akademika) yang dilakukan bersama-sama dan dilaksanakan dengan hati. Gusti Prabu berharap FIS tidak akan melahirkan robot2 intelektual, namun mampu menghasilkan  sarjana yang memiliki wawasan kebudayaan, berbudi pekerti luhur dan mampu bersaing di area global. Di tataran Universitas, harapan Gusti Prabu adalah agar UNY tidak kehilangan jati diri sebagai lembaga yang terbuka terhadap ilmu pengetahuan namun juga tetap menampakkan spiritualitas, kultur dan menghargai lokalitas.

Setelah Gusti Prabu menyampaikan fungsi dan tugas Dewan Pertimbangan, maka dilaksanakan tanya jawab. Jajaran wakil dekan dan beberapa ketua jurusa (Kajur) menanyakan dan memberi masukan tentang berbagai hal, yang menyangkut SDM, Sarana-Prasarana, pengembangan kelembagaan serta etika mahasiswa di kampus demi kemajuan dan kejayaan pada FIS khususnya dan UNy pada umumnya. (Tiwi).