DIES NATALIS 48 FIS UNY, SEMAKIN BERPRESTASI

“TIdak terasa waktu berjalan  pada tahun 2013 ini Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta (FIS UNY) memasuki usianya yang ke-48. Fakultas Ilmu Sosial telah bermetamorfosis sejak dari FKIS (1965)m, menjadi FPIPS (1982), menjadi FIS (1999), menjadi FISE (2006) dan kembali menjadi FIS pada tahun 2011. Perjalanan waktu selama 48 tahun telah menjadi batu ujian bagi Fakultas ini, apakah ia masih tetap dalam kekanak-kanakannya atau ia sudah beranjak dewasa sesuai dengan usia yang dimilikinya sekarang.” Ungkap Dekan FIS UNY, Prof. Dr. Ajat Sudrajat, M.Ag dalam laporan dekan dalam dies natalis ke-48 FIS UNY yang digelar Jumat (13/9) di ruang sidang Ki Hajar Dewantara FIS UNY. Upacara yang dihadiri oleh Wakil Rektro I dan II UNY, Dekan-Dekan di lingkungan UNY, Senat UNY dan FIS UNY, dosen, karyawan, mahasiswa serta mitra kerja FIS UNY ini menghadirkan orator ilmiah Prof. Dr. Abdul Gafur D., M.Sc. Prof Gafur pada kesempatan tersebut memebri orasi ilmiah dengan tema “pendekatan Ilmiah dalam Pembelajaran Ilmu-Ilmu Sosial”.
Dalam laporannya Dekan menyampaikan FIS pada tahun 2012 kemarin telah mengirimkan usulan pembukan 8 program studi baru ke Dikti. Namun baru ada 4 prodi yang mendapatkan password untuk menindaklanjuti usulan tersebut, yaitu prodi Ilmu Komunikasi (S1), Pendidikan Sejarah (S2), Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) (S2) dan Pendidikan Geografi (S2). Sedang untuk bidang Pendidikan dan Pengajaran Dekan juga melaporkan untuk seleksi mahasiswa tahun ini, animo calon mahasiaw untuk masuk FIS dapat dikatakan cukup tinggi, denan keketatan rata-rata 16,80 (1 : 17). Rerata masa studi dan IPK yang dicapai oleh lulusan pada tahun 2013 meningkat disbanding tahun sebelumnya. Tahun ini mencapai 3,37 dimana tahun sebelumnya hanya 3,34. Masa studi lulusan [un juga cenderung lebih pendek yaitu 4 tahun 5 bulan. Dan tahun bebrabgai upaya yang dilakukan FIS untuk meningkatkan kualitas lulusan berhasil dicapai dimana prosentase lulusan “cumlaude”  pada tahun ini mencapai 35%.
Untuk bidang Penelitian dan Pengembanan Ilmu Ajat mengemukakan tahun ini tercatata 75 judul yang melibatkan 97 peneliti dengan serapan dana Rp. 1.081.481.000,00. Angak tersebut mengalami peningkatan 2 kali lip;at dari tahun 2012 yaitu 44 judul dengan serapan dana Rp. 490.000.000,00. Untuk bidang pengabdian masyarakat, tahun ini fakultas mendanai 30 judul kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan skim PPM Kelompok, PPM Institusional, dan PPM berbasis Riset dengan besar serapan dana Rp. 160.000.000,00. Untuk bidang kemahasiswaan, hingga perengahan semester ada 5 jenis beasiswa yang diterima  mahasiswa yakni BBM, PPA, BI, BIDIKMISI dan SUPERSEMAR. Sedangkan  bidang Kerjasama dan Kehumasan dalam tahun ini telah mendapatkan beberapa kunjungan dari beberapa SMA, universitas mitra baik dari dalam dan luar negeri, seperti SMA N 1 Mangunjaya Ciamis, universitas Negeri Medan dan kunjungan  mahasiswa dari Chiang Mai University dan dosen dari Aichi University Japan. Yang terakhir Dekan juga melaporkan dari Bidang Administrasi dan Kerumahtanggaan salahsatunya adalah penambahan sistem informasi baru disamping SIAKAD, berupa Sistem Informasi Akademik Terpadu (SIKADU), meliputi: layanan administrasi (surat keterangan Bebas Teori, SK Pembimbing / Penguji, Laporan Yudisium, dll0, layanan keuangan (Honor Mengajar dan Honor Pembimbing/Penguji yang terintegrasi dengan subbag Pendidikan), dan layanan Penjadwalan kulian dan presensi mengajar dosen. Selain itu saat ini FI Sjuga sedang membuat ruang kegiatan mahasiswa (ORMAWA) dan penyempuranaan lahan parkir. (sari)