DIES NATALIS KE 48 FIS UNY, HADIRKAN SEMUT MERAH DALAM PEMBUKAAN DIES

Pelepasan balon merah menandai dimulainya seluruh rangkaian acara dies natalis ke -48 Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta (FIS UNY). Pelepasan balon oleh Dekan  tersebut juga mengawali upacara pembukaan dies yang diawali dengan senam massal untuk seluruh keluarga besar FIS UNY. Senam massal yang digelar, Jumat  (23/8) di halaman FIS UNY ini dihadiri oleh jajaran pimpinan, dosen, karyawan dan mahasiswa, dan yang istimewa menghadirkan “semut merah” untuk memeriahkan acara. Dalam acara tersebut, panitia juga membagikan banyak doorprize. Sejumlah 91 buah doorprize menarik dibagikan, dengan doorprize utama sepeda gunung.
Dekan FIS UNY,  Prof.  Dr. Ajat Sudrajat, M.Ag memberikan kejutan dengan tampil bersama SMART BAND. Ajat mengambil posisi dalam grup band SMART Band, dengan menampilkan lagu “SELAMAT ULANG TAHUN” dari grup band Jamrud. Dalam sesi pembagian doorprize, Purwanto dan Tyas (PKL dari SMK Depok) mendapatkan hadiah utama berupa sepeda gunung. Senam massal diakhiri dengan penampilan SMART Band yang menampilkan beberapa lagu yang diikuti dengan joget bersama  oelh beberapa peserta senam, didominasi  para mahasiswa.
Dalam acara tersebut, FIS UNY juga menghadirkan semut merah sebagai icon OSPEK FIS UNY tahun 2013. Semut merah dipilih menjadi icon FIS . Dalm sambutannya, Dekan FIS UNY mengatakan, “Semut merah mirip dengan FIS UNY. Semut merah melambangkan HUMANISME, dibuktikan dengan semut berkegiatan dengan berbondong-berbondong. EGALITER atau sama rasa. Semut dalam komunitasnya selalu sama rata dan sama rasa, mereka membagikan makanannya kepada seluruh angggotanya. KRITIS, hal ini dilambangkan dalam gigitan semut merah yang jika menggigit rasa perih dan panas akan kita rasakan. Dan yang terakhir MERAH, yang diartikan dengan Berani. Dalam hal ini berani dalam konteks SMART. “SMART dalam konteks ini adalah logo atau motto dari FIS. Yang berarti, Semangat untuk Maju, Arif, Rasional, atas dasar Taqwa. Ajat mengungkapan, “Semut merah yang dilambangkan oleh FIS UNY berarti dalam mengambil kebijakan, berani tetapi tetap mempertimbangkan SMART itu tadi.”jelasnya. (sari)