DOSEN FIS PRESENTASI PAPER DI UNIVERSITY OF MALAYA

Dosen Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta (FIS UNY) yang terdiri dari, Dr. Suranto, M.Pd., M.Si., Dr. Nasiwan, M.Si, Dr. Miftahudin, Argo Pambudi, M.Si., Utami Dewi, M.PP, dan Benni Setiawan, MSI berkesempatan pempresentasikan paper dalam ajang Malaysia-Indonesia Global Conference Series di University of Malaya (UM) pada hari Kamis (15/11/2018). Kegiatan tersebut dilaksanakan di Bilik Mesyuarat  Dekan 1, Fakulti Sastera dan Sains Sosial University of Malaya (FSSS UM).  Kepala U2IK (Unit Urusan Internasional dan Kerjasama) FIS UNY, Utami Dewi, M.PP menjelaskan bahwa kegiatan tersebut tidak terlepas dari jalinan kerjasama antara FIS dan UM yang selama ini dibangun. “Sebelumnya FIS juga melakukan kegiatan sit inmahasiswa dan kegiatan akademik lainnya dengan UM” jelasnya

Selain dosen FIS, lanjut Utami, ada dua dosen dari UM yang mempresentasikan paper nya yaitu Rammani A/P Karupiah dan Norliah Binti. Rammani mempresentasikan paper tentang The Development of Philipines-Malaysia Bilateral Relations 1957-2010 sedangkan Norliah mempresetasikan paper tentang Perhubungan Melayu-Cina di Johor 1917-1955. Semua paper yang dipresentasikan dalam kegiatan tersebut akan dipublikasikan dalam jurnal terindeks scopus.

Dosen Pendidikan IPS FIS UNY, Nasiwan, pada kesempatan yang sama mempresentasikan paper dengan judul A Shift of Political Education Role Based on The Market Needs: A Criticism for The Development of A Value Based Political Education. Dalam paper tersebut, Nasiwan menjabarkan tentang pergeseran  fungsi pendidikan politik di Indonesia. Fungsi pendidikan politik awalnya adalah melahirkan warga negara yang mempunyai pemahaman politik yang ideal yang kemudian bergeser menjadi pendidikan politik yang cenderung mengikuti selera pasar. Berdasarkan analisisnya, peran pendidikan politik yang dilakukan oleh partai di Indonesia dari tahun 1998-2018 telah mengalami perubahan mendasar. Pendidikan politik menjadi kehilangan makna yang sebenarnya.

Sementara itu, Suranto mempresentasikan paper tentang Developing an Evaluation Instrument for Assessing Public Relation Practitioners in Educational Institutions. Dalam paper penelitian tersebut, Suranto mengembangkan instrument evaluasi untuk menilai kinerja praktisi Public Relation (PR). PR yang memiliki kinerja unggul dapat mendukung peningkatan kualitas layanan lembaga pendidikan seperti sekolah dan universitas. Mengingat pentingnya peran PR dalam lembaga pendidikan, PR perlu dijaga kualitas kinerjanya. Bila kinerja PR dapat terjaga dengan baik, maka hasil kerja yang diperoleh oleh lembaga pendidikan akan memuaskan. Untuk mewujudkan kondisi ini, menurut Dosen Ilmu Komunikasi tersebut, diperlukan suatu evaluasi yang berkesinambungan terhadap kinerja PR agar diperoleh informasi  terkini yang menggambarkan tingkat kinerja praktisi PR. “Dengan adanya evaluasi secara berkesinambungan, apabila kinerja PR mengalami penurunan akan segera diketahui dan dapat diberikan tindakan yang tepat” jelasnya (Eko)