Dosen Geografi Mengajar di UPSI Malaysia

Kegiatan visiting professor kembali dilakukan oleh Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta (FIS UNY). Dalam kegiatan visiting professor, FIS tidak hanya mengundang dosen dari luar negeri untuk mengajar di FIS akan tetapi FIS juga mengirimkan dosennya untuk mengajar di luar negeri. Kegiatan visiting professor kali ini dilakukan oleh dosen Pendidikan Geografi FIS UNY yaitu Dr. Nurul Khotimah, M.Si di Jabatan Geografi dan Alam Sekitar Fakulti Sains Kemanusiaan (FSK) UPSI Malaysia tanggal 22/9- 6/10/2019.

Banyak kegiatan yang dilakukan oleh Nurul Khotimah dalam rangkaian kegiatan visiting professor di FSK UPSI Malaysia salah satunya adalah mengajar. Kegiatan mengajar dilakukan pada mata kuliah Biogeografi, Pengantar Persekitaran Fizikal, Pengantar Persekitaran Manusia Geografi Ekonomi dan Pembangunan.

Kegiatan mengajar juga dilakukan di Jabatan Biologi Fakulti Sains dan Matematik (FSM) UPSI dengan topik Pola Distribusi Tumbuh-Tumbuhan. “Selain itu, saya juga mengajar materi Geografi Fisik di SMK Proton City untuk pelajar-pelajar Pra University” jelas Nurul Khotimah

Dalam paparannya saat mengajar mata kuliah Biogeografi di Bilik E-Learning 17 FSK UKM, Nurul Khotimah menjelaskan bahwa Biogeografi merupakan bagian dari geografi yang menekankan pada organisme yang berkaitan dengan studi dan deskripsi perbedaan dan distribusi fenomena di permukaan bumi, termasuk karakteristik fisik, iklim, dan hasil biotik dan abiotic. Cabang ilmu yang termasuk dalam Biogeografi meliputi Fitogeografi dan Zoogeografi. Fitogeografi mempelajari penyebaran tumbuhan yang ada di muka bumi sedangkan Zoogeografi  mempelajari penyebaran spesies hewan yang ada di muka bumi di waktu lampau dan di masa sekarang. Fitografi berkembang lebih dulu dibandingkan Zoogeografi, akan tetapi saat ini Zoogeografi lebih menarik dan banyak dikaji oleh para ilmuwan.

Biografi juga mencakup obyek material yakni organisme (Tumbuhan dan Hewan) dan Obyek Formal yaitu distribusi organisme (spatial dan temporal, process dan pattern). “Distribusi organisme dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain sejarah geologi, kemampuan adaptasi, dan kemampuan migrasi” tuturmya (Eko)