DUA MAHASISWA FIS UNY MENGIKUTI NFEC 2014 DI JAKARTA

FIS- Kholik mahasiswa dari jurusan Pendidikan Geografi dan Ridha Pangestika dari Pendidikan IPS mengikuti kegiatan National Future Education Future (NFEC) 2014 di Jakarta. Kegiatan yang berlangsung dari tanggal 25-26 Oktober ini berlokasi di Auditorium Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kemendagri, Jakarta Selatan. NFEC merupakan sebuah konferensi nasional yang mempertemukan para pendidik muda Indonesia untuk saling bertukar wawasan dan pendapat mengenai isu-isu yang tengah hangat dibicarakan, serta membangun jaringan guna mencapai Indonesia yang lebih baik. Tema kegiatan NFEC tahun ini adalah “Youth and Post 2015: Developing Indonesia’s Best Path for Sustainable Acceleration”. Selain itu, dengan diadakannya kegiatan ini akan melatih pemuda-pemudi supaya dapat mengembangkan jiwa sosial, kepemimpinan, dan memberdayakan masyarakat di daerahnya masing-masing.

Dalam sambutannya Abida Ahzaryyah selaku ketua panitia NFEC 2014 menyatakan bahwa “Sangat bersyukur dan berterima kasih sekali atas antusias dari pemuda-pemudi Indonesia dalam merespon dan mengikuti kegiatan ini meskipun melalui jalur seleksi yang ketat. Semoga selepas acara ini kalian tetap menebarkan ilmu-ilmu ke daerahnya masing-masing dan tetap membangun bangsa ini lebih baik” Ungkapnya.

Sementara itu, Yosea Kurnianto selaku founder of Youth ESN menyatakan, ”Kalian berkumpul pada acara ini bukan semata-mata hanya berkumpul, terus bubar begitu saja tetapi kalian disini harus dapat menjadi roda penggerak di daerahnya masing-masing dengan aktivitas mendidik sesuai dengan kemampuan yang dimiliki. Saya yakin bahwa kalian disini adalah pemuda-pemudi pilihan, jadi terus mengabdi, mengabdi, dan mengabdi kepada bangsa, dan negeri-mu (Indonesia)” tegasnya.

Pada kegiatan NFEC 2014 ini dihadiri oleh para peserta NFEC 2014, pemateri dari perwakilan ILO PBB dari Indonesia, UNESCO, Putra Sampoerna Foundation, Komunitas Variabel Bebas Jakarta dan lainnya. Ke-130 peserta yang berasal dari 27 provinsi seluruh Indonesia pada umumnya berumur antara 16-25 tahun. Selain itu, didalam acara NFEC 2014 ada kegiatan-kegiatan lain seperti seminar, workshop, study case, presentation social project, NFEC cafe, dan malam keakraban.

Semoga selepas dengan NFEC 2014 para peserta dapat mengamalkan ilmunya ke masyarakat luas. Serta, social project yang telah digagas dapat diterapkan di masing-masing provinsinya. Karena sekali lagi, Indonesia membutuhkan peran aktif dari semua pemuda-pemudi Indonesia. Salam Muda, Mendidik, Membangun Bangsa. (Kholik)