EVALUASI PENYELENGGARAAN KONFERENSI INTERNASIONAL THE 3RD ICSSED DAN DIES NATALIS KE-54 FIS UNY

Dua kegiatan besar Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta (FIS UNY) telah terlaksana dengan lancar yaitu Konferensi Internasional The 3rd International Conference of Social Sciences and Education (The 3rd ICSSED) pada bulan Juli 2019 dan Dies Natalis ke 54-FIS UNY bulan September-Oktober 2019. Sadar akan perlunya peningkatan pelaksanaan sebuah kegiatan/program, FIS UNY adakan evaluasi pelaksanaan kegiatan tersebut pada hari Kamis (28/11/2019) di Ruang Ki Hajar Dewantara FIS UNY. Kegiatan evaluasi dihadiri oleh Dekan dan seluruh panitia baik dosen maupun tendik FIS UNY.

Dalam kesempatan tersebut, Dekan FIS UNY, Dr. Suhadi Purwantara, M.Si., memberikan apresiasi kepada seluruh panitia atas kerja keras dalam pelaksanaan kegiatan Konferensi Internasional dan Dies Natalis ke-54 FIS UNY. Suhadi mengatakan bahwa kegiatan tersebut terlaksana dengan sukses dan berharap dapat ditingkatkan dari waktu ke waktu. Hal senada diungkapkan oleh Prof. Dr Ajat Sudrajat, M.Ag yang merupakan Dekan periode sebelumnya dan mejabat pada saat kegiatan tersebut dilaksanakan. Ajat berterimakasih kepada seluruh panitia dan berharap kegiatan evaluasi dapat menjadi bahan masukan untuk peningkatan pada masa yang akan datang. “Masukan dari kegiatan evaluasi ini akan bermanfaat untuk peningkatan kedepan” ungkapnya.

Berbagai masukan disampaikan dalam forum tersebut, salah satunya oleh Wakil Ketua Panitia Seminar The 3rd ICSSED yaitu Dyna Herlina Suwarto, M.Sc. Ia memberikan saran agar jumlah paper dosen FIS UNY dalam Konferensi Internasional ICSSED pada tahun mendatang lebih ditingkatkan lagi dengan menambahkan klausul pada kontrak penelitian RG bahwa hasil penelitian RG harus diikutsertakan dan dipublikasikan pada seminar ICSSED sehingga dapat mendongkrak publikasi artikel dari internal FIS UNY. Dosen Ilmu Komunikasi tersebut juga menyampaikan bahwa beberapa jurnal di FIS sudah mulai dipertimbangkan untuk publikasi sebagai contoh adalah Jurnal Informasi yang mendapatkan 6 paper dari peserta The 3rd ICSSED. “Dengan demikian, kita perlu terus menerus memperbaiki dan meningkatkan kualitas jurnal kita agar semakin banyak paper yang dapat terpublikasikan melalui jurnal FIS baik paper dari dosen FIS maupun dari Universitas lain”ungkapnya.

Sementara itu, Yuanda Zahra, Ph.D. yang merupakan reviewer artikel dalam konferensi Internasional The 3rd ICSSED 2019 mengungkapkan bahwa banyak paper yang potensial dan layak untuk dipublikasikan ke jurnal terindeks scopus. Namun, keseriusan dari author sangat diperlukan agar paper dapat terpublikasi ke jurnal terindeks scopus.

Pada kesempatan yang sama, Dr. Nurul Khotimah, M.Si. selaku Ketua Panitia Dies Natalis ke 54 FIS UNY melaporkan beberapa kegiatan Dies yang telah terlaksana seperti Senam launching, Upacara Dies, dan Lomba-lomba dalam rangka Dies ke 54 FIS UNY seperti lomba website, lomba poster dan lomba blended learning. “Secara umum kegiatan Dies telah terlaksana dengan lancar karena kita sudah sering melaksanakan kegiatan peringatan Dies dari tahun ke tahun” jelasnya

Pada akhir kegiatan evaluasi ini diumumkan para pemenang lomba dalam rangka Dies ke-54 FIS UNY dan diserahkan piagam beserta hadiah kepada masing-masing pemenang lomba. Adapun Juara I lomba website yaitu Jurusan Pendidikan Sosiologi, Juara 2 adalah Pendidikan Sejarah dan Juara 3 yaitu Administrasi Publik. Juara I Lomba Poster yaitu Dhia Afifah dan Lyska Coyoga dan Juara 2 adalah Harry Prayoga, Dewi Wulandari, dan Muliana. Lomba Blended Learning dimenangkan oleh Nur Endah Januarti, MA sebagai juara pertama dan Pandu Yuanjaya, MPA sebagai juara ketiga. (Eko)