FIS UNY BERI

“Rasa kebanggaan menjadi bagian dari keluarga besar alumni FIS UNY selalu melekat dalam sosok lulusan FIS UNY menjadi sesuatu hal yang harus dipelihara para alumni FIS UNY”. Itulah harapan Prof. Dr. Ajat Sudrajat, M.Ag, Dekan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta (FIS UNY) dalam sambutannya di upacara yudisium periode Desember 2011, yang digelar selasa pagi (15/12) di ruang sidang Ki Hajar Dewantara FIS UNY. Upacara yang diikuti oleh 32 peserta dari jurusan/program studi kependidikan dan 1 orang non kependidikan.

Dekan berharap dengan adanya rasa bangga pada lulusan FIS dan UNY pada umumnya diharapkan secara otomatis para lulusan akan mempromosikan FIS dan UNY dimanapun mereka berada. Untuk itu kepada seluruh alumni dihimbau untuk selalu menjaga tali silaturahmi baik dengan universitas, fakultas, jurusan maupun prodi (programs studi) masing-masing. Prof. Ajat menambahkan, “ Apabila almamater selalu dijaga dimanapun khususnya di tempat kerja, nantinya akan menambah semangat dalam bekerja . Hal ini otomatis akan sekaligus mengharumkan nama almamater.” Imbuhnya.

Yang disampaikan Prof. Ajat pun bukanlah harapan semata. Sri Maryanti, mahasiswi peserta Yudisium terbaik  dari Jurusan Pendidikan Geografi  dengan IPK 3, 56 merasa bangga kuliah di FIS UNY. Bungsu dari 2 bersaudara yang telah menjadi yatim sejak tahun 2006 karena ayahnya menjadi korban Gempa Bantul 2006 lalu, menyampaikan kebanggaannya kuliah di FIS UNY. Menurut Yanti sapaan akrabnya, ia bangga kuliah di FIS karena FIS UNY telah memiliki nama besar di luar. “Saya yakin lebih mendapatkan pekerjaan karena FIS UNY ‘sudah punya nama’ jadi saya yakin akan lebih mudah mencari pekerjaan dari pada kuliah di tempat lain”. Ungkapnya yakin. Meski Yanti adalah pribadi yang pendiam, namun dia bisa membantu ibunya dengan memberikan les privat di beberapa tempat.   “Yang penting bisa membantu Ibu mbak, paling nggak saya sudah tidak minta biaya transport pada orang tua. Kalo pas dapet banyak ya biaya kuliah juga saya sendiri, klo pas kurang ya terpaksa minta ibu” ujarnya saat ditemui redaksi website FIS setelah upacara yudisium.

Lain Yanti, lain Puput Anjar Nugraheni peserta yudisium dari jurusan Pendidikan Sosiologi. Puput yang menjadi lulusan terbaik periode ini dan berhasil meraih IPK 3,61 mengisahkan, dirinya merasa beruntung kuliah di FIS UNY karena dengan kuliah di FIS UNY, ia aktif ikut organisasi Himpunan Mahasiswa Pendidikan Sosiologi (HIMA DILOGI) sejak ia masuk tahun 2007 hingga tahun 2009. Menurutnya, dengan ikut Hima Dilogi dan menjadi staff  divisi HRD 2 kali periode tersebut, menjadikan Puput yang saat SMA pendiam menjadi bisa dan percaya diri berbicara di depan umum. Hal inilah yang membekali dirinya mampu menjadi staff pengajar di 2 lembaga bimbingan di Jogja sekaligus dan menjadi guru privat di beberapa tempat. Semoga seluruh almni FIS UNY dan UNY pada umumnya mempunyai cerita kebanggaan lain yang ingin selalu mereka share kan dengan lingkungan dimanapun mereka berada. Mari para alumni UNY kita kembangkan dan jayakan UNY dengan menjadikan UNY kebanggaan kita bersama. (sari)