FIS UNY TANDA TANGANI SPK DENGAN IPI DIY

Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta (FIS UNY) Kamis (22/06) lalu resmi menandatangani Surat Perjanjian Kerjasama (SPK) dengan Pengurus Daerah Ikatan Pustakawan Indonesia, Daerah Istimewa Yogyakarta (IPI DIY) di ruang sidang Lafran Pane FIS UNY. Hadir dalam penandatanganan SPK oleh Dekan FIS UNY dan Ketua IPI DIY, jajaran Wakil Dekan FIS UNY, Kepala Unit Urusan Internasional dan Kerjasama (U2IK) FIS, Kadiv Humas & Kerjasama Dalam Negeri U2IK, Kadiv Kerjasama Luar Negeri U2IK, Ketua Jurusan Ilmu Komunikasi, Ketua Jurusan Pendidikan Sosiologi dan Ketua Jurusan Pendidikan IPS FIS UNY. Sedangkan dari pihak IPI turut hadir Ketua Dewan Pengawas IPI DIY, beberapa pengurus IPI DIY, pustakawan dari rektorat UNY dan pustakawan FIS sendiri. Para pengurus IPI yang hadir pun merupakan pustakawan dari beberapa Universitas yang ada di DIY.
Dalam SPK tersebut, disampaikan Ketua Dewan Pengurus IPI DIY, Sarwono, SIP., M.A diharapkan terjalin kerjasama antara FIS UNY dan IPI DIY  dalam rangka pengembangan Tri Dharma Perguruan Tinggi. SPK ini disepakati untuk dilaksanakan selama 3 tahun dan diharapkan akan dilanjutkan dengan penandatanganan SPK di tahun selanjutnya
Dalam sambutannya Dekan FIS UNY, Prof. Dr. Ajat Sudrajat, M.Ag menyampaikan, “insyaAllah tahun depan akan selesai dibangun perpustakaan digital. Diharapkan dengan adanya kerjasama dengan IPI DIY informasi-informasi tentang buku-buku mutakhir maupun informasi – informasi bisa di-share dari IPI DIY kepada civitas akademika FIS UNY.” ungkap Ajat. Ajat juga menambahkan diharapkan dengan adanya perpustakaan digital dan kerjasama yang baik dengan IPI DIY, anak- anak akan semakin cinta buku, karena trend saat ini buku mulai terkalahkan oleh medsos (media sosial).
Sedangkan dari pihak IPI DIY sendiri berharap dengan adanya kerjasama ini, IPI DIY siap memberikan pembekalan tentang literacy kepada para mahasiswa. Selain itu harapannya kedepan tulisan yang dihasilkan baik dosen maupun mahasiwa bisa lebih berbobot. Dari pihak IPI juga memberikan penawaran untuk membantu memberikan materi di perkuliahan seperti yang sudah terjadi beberapa Universitas di DIY beberapa waktu ini. Seperti yang disampaikan pengurus IPI DIY, Nur Dwi Cahyani (pustakawan UGM), “Jika memungkinkan Kami bisa membantu memberikan materi di perkuliahan, nanti bisa disesuaikan dengan kurikulum yang diberikan kepada mahasiswa. Kami sudah biasa melakukan hal tersebut di beberapa universitas/perguruan tinggi yang ada di DIY.” ungkap Nur.
Semoga dengan kerjasama yang terjalin antar FIS UNY dan IPI DIY bisa meningkatkan kualitas membaca dan tri dharma perguruan tinggi di FIS UNY, selain itu tulisan maupun penelitian para civitas akademika FIS UNY pun bisa semakin berbobot siring UNY menuju world class university. (sari)