FISE DAN FBS BERCENGKRAMA DALAM HALLO UNY

Program  Hallo UNY yang diadakan oleh UNY bekerjasama dengan Jogja TV dalam rangka sosialisasi, pada  minggu ini yang mendapat jatah adalah  FISE dan FBS. Program sosialisasi ini  berlangsung Rabu malam (9/6) di Jogja TV, dengan menghadirkan nara sumber Dekan FISE, Sardiman, AM. M.Pd ., Dekan FBS, Prof. Dr. Zamzani dan Pembantu Dekan (PD) I FISE, Suhadi Purwantara M.Si  maupun PD I FBS, Drs Suhaeni M Saleh, MA. Dengan dimeriahkan oleh penampilan dari Himpunan Mahasiswa Seni Musik (HIMASIK) dan penyanyi Panji Kusuma (Juara II Peksiminas 2008) dari FISE UNY
Isu penting yang dibahas di Hello UNY, terkait dengan posisi ilmu Pengetahuan Sosial yang terkesan dinomorduakan.  Hal ini berkebalikan dari kenyataan bahwa ilmu sosial ternyata justru sangat  substansi dalam peningkatan manusia yang berkarakter . “Untuk itu peningkatan citra harus kembali dilakukan dengan berbagai promosi”, demikian diungkapkan  Dekan FISE.  Sedangkan topik yang  diketengahkan oleh Dekan FBS, tentang fenomena  pada UNAS nilai mata pelajaran Bahasa Indonesia  cenderung jelek. Hal ini sebagai indikasi  kurang perhatiannya  pelajar/masyarakat  dengan bahasa Indonesia sebagai sebuah ilmu yang harus dikembangkan.  
Sementara Program – program unggulan yang dilakukan FISE untuk menjadikannya Fakultas unggulan seperti diungkap PD I FISE meliputi program kemitraan dengan universitas UNES, UNS, UNM, dan universitas  di Malasyia,  juga real teaching dengan beberapa sekolah menengah  yang ada di Yogyakarta. Pada kesempatan  itu PD I FBS  menyampaikan keunggulan  yang dimiliki sekitar fasilitas gedung dengan luas kurang lebih 5 ha, dan ruanag kuliah, laboratorium bahasa, musik yang representatif.
Dalam sesi interaktif dengan pemirsa dirumah, ada pertanyaan menarik ditujukan kepada kedua narasumber, pertanyaannya  terkait  bagaimana   bila untuk bisa masuk UNY,  calon mahasiswi harus dilakukan tes keperawanan. Hal tersebut dtanggapi  oleh Dekan FBS dengan ‘guyon parikeno’ “Kalau harus pakai ujian seperti itu, nanti program PPS UNY (S2 dan S3) akan segera gulung tikar, karena rata-rata sudah berumah tangga”, candanya. Hal ini juga didasarkan bahwa kenyataannya  mahasiswa di FBS khususnya mayoritas  wanita  dan ada sebagian yang sudah menikah. Dekan FISE  juga meresponnya dengan menyampaikan bahwa yang penting  adalah bagaimana ruh  pembelajaran IPS perlu diwujudkan,  perlu pengamalan.
Selain itu Sardiman menyampaikan, pendidikan karakter menjadi perhatian utama di FISE UNY, rencana pada tahun akademik  2010 akan segera diselenggarakan program pengembangan pendidikan karakter di FISE UNY. Dalam menuju WCU FISE merintis  kelas-kelas internasional, yang sudah ada adalah prodi akuntansi.   Yang lebih penting diperhatikan kembali bahwa mendidik mahasiswa berkarakter  menjadi tanggung jawab bersama perguruan tinggi,  masyarakat dan orang tua, untuk itu  perlu lingkungan yang kondusif untuk mengembangkan  karakter, Sedangkan Zamzani menutup dialog dengan  menyampaikan pesannya “Suarakan bahasamu, karyakan senimu” . (Rosidah)