Hima Dipsos UNY Gelar Lomba Olimpiade IPS Tingkat SMP/MTs se-DIY dan Jateng

Himpunan Mahasiswa Pendidikan IPS (Hima Dipsos) Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Yogyakarta (FIS UNY) mengadakan lomba Olimpiade IPS tingkat SMP/MTs Regionl se-DIY dan Jateng, Sabtu (18/10/2014). Acara dimulai pukul 08:00 WIB di ruang Ki Hajar Dewantara dan dibuka oleh Saliman, M.Pd selakuWakil Dekan II FIS UNY. Olimpiade IPS 2014 yang diketuai oleh Septi Nur Damayanti, mahasiswi Program Studi Pendidikan IPS angkatan 2013 mengusung tema”Optimalisasi Pendidikan IPS untuk Mewujudkan Tunas Muda Berjiwa Sosial, Bermoral, dan Intelektual”. Olimpiade IPS merupakan agenda rutin tahunan yang diselenggarakan jurusan pendidikan IPS sebagai wadah kompetisi untuk mengaktualisasikan bakat siswa SMP/MTs di bidang Ilmu Pengetahuan Sosial.

Olimpiade IPS terdiri dari dua lomba, yakni Lomba Cerdas Cermat (LCC) dan Lomba Desain Batik. Dalam LCC, siswa SMP/MTs diajak untuk mengembangkan kemampuan kognitif dengan memecahkan soal yang disediakan oleh panitia, sedangkan dalam Lomba Desain Batik siswa diberikan kesempatan untuk menggambar motif batik yang mengandung unsur ke-IPS-an meliputi: Sosiologi, Geografi, Sejarah, dan Ekonomi. Dalam setiap desain gambar yang dihasilkan harus dilengkapi dengan deskripsi lengkap yang menjelaskan unsur ke-IPS an dalam gambar tersebut. LCC diikuti oleh 16 tim, sedangkan Lomba Desain Batik diikuti oleh 23 peserta.

Dalam setiap lomba diambil tiga juara utama. Juara I memperebutkan Trophy Gubernur DIY, Piagam Penghargaan, dan uang pembinaan, Juara II memperebutkan Trophy Bupati Sleman, Piagam Penghargaan, dan uang pembinaan, Juara III memperebutkan Trophy Jurusan Pendidikan IPS FIS UNY, Piagam Penghargaan, dan uang pembinaan. Juri Lomba Cerdas Cermat Olimpiade IPS 2014 merupakan dosen Jurusan Pendidikan IPS yang terdiri dari: SatriyoWibowo, S.Pd, Agustina Tri Wijayanti, M.Pd, dan Raras Gistha R., M.Pd, sedangkan Lomba Desain Batik menghadirkan perwakilan dari UKM Serufo UNY. Lomba Cerdas Cermat berlangsung sangat seru. Skor yang diperoleh masing-masing tim memiliki perbedaan yang tidak jauh sehingga kompetisi sangat ketat. Banyak teknik baru yang digunakan oleh peserta dalam Lomba Desain Batik sehingga menyulitkan juri untuk menentukan tiga pemenang terbaik. Kategori peniliaian terdiri dari kerapian, proses, dan penyatuan desain dengan focus pada unsur ke-IPS an.

Dalam lomba LCC tersebut diperoleh beberapa pemenang diantaranya Juara I SMP Negeri 4 Pakem, Sleman, Yogyakarta yang beranggotakan Nafi’udin Sanityasa, Aflah Ariq Herindrawan, dan Nadia Nabilan Balqis. Juara II SMP Negeri 1 Muntilan, Jawa Tengah, yang terdiri dari Dyah Arina Manasikana, Fakhra Sabrina Maheswari, Feela Faridhotul Faizah. Juara III SMP Negeri 9 Yogyakarta yang terdiri dari Madasukma Laeganda, Muh. Galang Ramadhan Al-Tumus, Hendriasari Oktaviana. Sedangkan untuk Lomba Desain Batik, Juara I diraih oleh Qoyyun Arfi Ma’rufi dari SMP Negeri 1 Muntilan, Juara II Fajar Satria Permana dari SMP Negeri 1 Muntilan, dan Juara III Tasya Maulita Juni W dari SMP Bentara Wacana.

Olimpiade IPS diharapkan mampu mendorong minat siswa SMP/MTs untuk meningkatkan kemampuan dalam bidang ilmu sosial. Adanya respon positif dari peserta diharapkan kegiatan ini menjadi kegiatan rutin per tahun dari Jurusan Pendidikan IPS FIS UNY. Selain itu, dengan adanya olimpiade ini diharapkan IPS tidak lagi ilmu pengetahuan yang dinomorduakan, melainkan setara dengan ilmu-ilmu lain. (Septi Nur D)