Hima Pendidikan Ekonomi adakan seminar Nasional dan Rakernas

Tidak kurang dari 300 peserta hadir dalam Seminar Nasional Ekonomi bertema Jiwa Enterpreneur yang berkarakter sebagai bekal Indonesia menghadapi tantangan global. Bertempat  Auditorium UNY, baru-baru ini. Peserta terdiri dari :  Guru,   Mahasiswa/ Luar UNY,    Ormawa serta perwakilan mahasiswa dari UNS, UNSRI, UNMUL, UNLAM, UNDIKSHA, UPI,  UMS, UKSW, UNNES,UNEJ, UHAMKA, IKIP PGRI Bojonegoro, IKIP PGRI KALTIM, UPS. Acara dibuka oleh  Pembantu Rektor 1 UNY, Prof. Dr. Nurfina Aznam, S.U. A.pt, Dalam sambutannya Nurfina mengharapkan mahasiswa tidak hanya berhenti pada seminar ini saja tapi juga sampai aplikasi di lapangan.

Ambar Tjahyono, S.E. Direktur Asmindo, yang lebih dikenal dengan Ambar Polah. membahas mengenai kiat untuk menjadi pengusaha. Pembicara mengungkapkan bahwasanya tahap awal untuk menjadi pengusaha yaitu kita harus bermimpi dan memiliki impian, melaui impian kita dapat mempunyai motivasi untuk menjadi pengusaha. Menjadi pengusaha harus mampu berfikir kreatif agar usaha yang dilakukan efisien. Dalam bisnis yang diutamakan adalah keefisienan. Pengusaha juga harus memiliki prinsip yang kuat. Tidak boleh hanya terperangkap dalam satu pola pemikiran, ataupun pola yang dimiliki oleh pihak lain. Dalam seminar yang banyak diselingi dengan dialog ini membuat seasana menjadi hidup.

Prof. Dr. M. Suyanto, MM Direktur Amikom menyampaikan mengenai sebuah metode/cara untuk menjadi seorang pengusaha sukses. Metode yang diungkapkan pembicara yakni metode yang dibuat oleh beliau sendiri yaitu metode Smart In Enterpreneur. Smart In tersebut merupakan singkatan dari: Sikap mental positif, Menciptakan mimpi dan berusaha mengejarnya, Ambil langkah memulai usaha tanpa menggunakan uang, Rahasia Terima kegagalan dan Insya Allah.

Suyanto mengatakan bahwa dalam menghadapi segala rintangan dan tantangan dalam berusaha kita harus memiliki sikap mental positif. Sikap mental positif tersebut akan membawa dampak yang positif. Mental positif akan membentuk kekuatan otak yang kemudian akan mendorong kita untuk melakukan tindakan untuk mencapai kesuksesan,