Jelang 2011, FISE GELAR RAKER

Rapat  Kerja  (Raker) Fakultas Ilmu Sosial dan Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta (FISE UNY) yang berlangsung Kamis, (23-24/12) di Hotel Nugraha Wisata, Bandungan, Ambarawa, Jateng diikuti oleh seluruh jajaran pejabat di lingkungan FISE UNY. Raker Fakultas tersebut dibagi menjadi 4 bidang, Bidang I (Pendidikan dan Pengajaran), Bidang II (Keuangan dan Sarana & Prasarana), Bidang III (Kemahasiswaan) dan Bidang IV (Kehumasan). Pada acara tersebut masing-masing bidang diminta untuk memaparkan rencana program kerja yang akan dilaksanakan pada tahun 2011 mendatang.

Sebagai panduan  program yang akan djalankan pada tahun 2011, Dekan FISE UNY, Sardiman, AM,M.Pd menjelaskan beberapa landasan untuk rencana kerja FISE , antara lain terkait dengan visi, misi, sasaran mutu, dan beberapa perspektif program yang akan dilaksanakan tahun 2011 mendatang. Beberapa hal  diantaranya mengenai   arah kedepan  bidang kelembagaan dan manajemen,  pengembangan bidang kerjasama dan humas,  pendidikan dan kemahasiswaan  yang berwawasan nasional – global  berdimensi moralitas.  Untuk aspek sasaran mutu menekankan pada  pelayanan prima dan peningkatan  produktivitas  baik jumlah lulusan, IP, waktu tugas akhir, lama studi.  

Upaya mewujudkan visi FISE, yakni  menjadikan  lulusan  yang memiliki kecerdasan  intelektual  dan kearifan  sosial yang berdimensi moralitas,  religius dalam menghadapi  tuntutan dunia global. Untuk itu slogan yang dicanangkan  adalah FISE SMART (Semangat untuk Maju, Arif, Rasional atas dasar Taqwa. Sedang dalam menentukan program kerja, Dekan FISE  menekankan pada perspektif  program, yang meliputi antara lain tentang pencitraaan  dan brand  image lembaga,  peningkatan lulusan, serta mengedepankan aspek unggulan yang ada di FISE UNY.

Sehubungan dengan akan dikembangkannya FISE menjadi Fakultas Ilmu Sosial (FISE) dan Fakultas Ekonomi (FE), khusus untuk pengembangan  Fakultas  Ekonomi  diupayakan dapat menyelenggarakan  jurusan politik ekonomi. Kurikulum  tahun 2011 untuk  mata kuliah terkait dengan pendidikan moral diusahakan  berada pada semester  awal, antara lain Agama, Pendidikan Kewarganegaraan (PKN) dan pendidikan karakter.   

Terkait upaya pengembangan   faktor moral dan karakter mahasiswa FISE UNY, Dekan menekankan kepada semua prodi, bahwa pada Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB)  tahun 2011, untuk program Penelusuran Bibit Unggul PBU disyaratkan dengan  wawancara bagi para calon mahasiswa untuk bisa lolos seleksi. Selain itu pemberdayaan Penasehat Akademik (PA) di setiap jurusan dan angkatan juga harus lebih ditingkatkan agar mampu memberikan pelayanan yang terbaik untuk mahasiswa.  

Faktor yang dikembangkan lainnya meliputi: mengembangkan pendidikan kewirausahaan,  Pendidikan Profesi Guru (PPG), pengembagan SDM, meningkatkan program kemitraan. Selanjutnya  target lulusan yang direncanakan untuk tahun 2011 meliputi:  jumlah lulusan 1000 orang, IPK 3,27, cumlaude 150 dan rata-rata lama studi 4 tahun 4 bulan.  Untuk bidang penelitian dan pengembangan ilmu: Meningkatkan  kualitas  penelitian,  meningkatkan  program  penerbitan jurnal dan penulisan buku serta  seminar internasional.

Pada sesi selanjutnya PD I, Suhadi Purwantara, M.Si. mengetengahkan prioritas dalam rencana strategis kedepan  terinci menjadi sepuluh isu utama (dasakarya), diantaranya: Peningkatan kualitas pendidikan yang kondusif, Relevansi kurikulum, Peningkatan penelitian dan PPM, serta Jejaring kerjasama. Di samping itu juga mengetengahkan  beberapa hal terkait dengan kondisi eksisting bidang pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat yang perlu menjadi perhatian dan upaya-upaya  yang perlu ditingkatkan  dan dilakukan  kedepan. (Rosi)