JURUSAN ADMINISTRASI NEGARA DIVISITASI BAN PT

Pada sekitar awal Maret 2015 yang lalu Jurusan Ilmu Administrasi Negara (IAN) Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta (FIS UNY) telah divisitasi oleh asesor Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT). Visitasi ini merupakan salah satu bagian proses akreditasi yang telah diajukan oleh Jurusan IAN FIS UNY. Dua asesor BAN PT yang berkunjung tersebut adalah Dr Mujibur Rahman Khairul Muluk, S.Sos., M.Si. (Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang) dan Dr. H. Entang Adhi Muhtar, M.Si (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Padjadjaran).  
Bertempat di Ruang Ki Hajar Dewantara dan Ruang Kanopi – FIS UNY, mulai pukul 08.45 WIB. Visitasi tersebut dihadiri oleh Tim Akreditasi Prodi, Pimpinan Fakultas Ilmu Sosial, Civitas FIS, dan unit-unit pendukung UNY. Menurut salah satu asesor (Mujibur), berkata “visitasi adalah kunjungan ke kampus/universitas  yang dilakukan oleh asesor untuk melakukan klarifikasi, verifikasi, dan validasi data serta informasi yang telah disampaikan oleh kampus/universitas melalui pengisian instrumen akreditasi”, ujarnya.
Sementara itu dalam keterangannya Dekan FIS UNY Prof. Dr. Ajat Sudrajat M.Ag, “Tidak banyak masyarakat yang menyadari  arti penting  akreditasi sesungguhnya. Padahal masyarakat jelas  mempunyai kepentingan terhadap hal tersebut.  Calon mahasiswa dan orang tua mahasiswa sebaiknya memperhatikan status akreditasi agar tidak salah langkah dalam memilih program studi di perguruan tinggi”. Pungkasnya.
Dengan akreditasi  berarti adanya jaminan dari pemerintah bahwa penyelenggaraan program studi telah memenuhi standar mutu yang ditetapkan oleh BAN-PT (Badan Akreditasi Nasional-Perguruan Tinggi). Standar tersebut  sesuai dengan Peraturan Pemerintah No. 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Program studi yang terakreditasi akan mampu memberikan perlindungan bagi masyarakat.
Acara Visitasi Akreditasi berlangsung selama 2 hari, beberapa standar penilaian yang diperiksa oleh tim asesor, yaitu: 1) Standar Penilaian Visi dan Misi, 2) Standar: Tata pamong, Kepemimpinan, Sistem Pengelolaan, dan Penjaminan Mutu, 3) Standar: Mahasiswa dan Lulusan, 4) Standar: Sumber Daya Manusia, 5) Standar: Kurikulum, Pembelajaran, dan Suasana Akademik, 6) Standar: Pembiayaan, Sarana dan Prasarana serta Sistem Informasi, dan 7) Standar:  Penelitian, Pelayanan, dan Pengabdian Masyarakat dan Kerja Sama.
Alhamdulillah, proses visitasi berjalan lancar dan sesuai dengan rundown yang ditetapkan asesor sebelumnya. Terjadi diskusi hangat antara asesor dengan progam studi dan atau unit pendukung di beberapa materi. Bahkan saran-saran dan masukan yang bermanfaat bagi program studi diberikan asesor untuk perbaikan ke depannya. Sehingga mutu yang diberikan dapat lebih  baik lagi.
Dengan pelaksanaan visitasi akreditasi program studi ini diharapkan memperoleh status yang lebih dari visitasi sebelumnya serta seiring sejalan dengan hasil visitasi akreditasi tingkat Universitas dimana akreditasi Universitas memperoleh dicanangkan mendapatkan nilai A pada 2016 oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT). Untuk selanjutnya Berita Acara Visitasi dirapatkan dan dibawa ke BAN PT untuk penetapan nilai akreditasi yang tepat dan layak untuk dua program studi tersebut periode 2015-2020. (Danu)