JURUSAN ILMU ADMINISTRASI NEGARA FIS PERLUAS MITRA KERJASAMA DENGAN LOD DAN INSTITUSI PEMERINTAH YOGYAKARTA

     Sebagai institusi perguruan tinggi, segenap civitas akademika Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) memiliki kewajiban dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi, meliputi pendidikan, penelitian dan pengajaran. Dalam pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi tersebut, civitas akademika dapat melakukan kerja sama dengan insitusi pemerintah ataupun non pemerintah (lembaga swadaya masyarakat). Dengan jalinan kerja sama  tersebut, hasil pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat diharapkan akan lebih memberi manfaat bagi pengembangan Universitas Negeri Yogyakarta dan institusi mitra serta  masyarakat pada umumnya. Sehingga, PT bukan hanya sebagai menara gading, akan tetapi menjadi institusi yang memberi kebermanfaatan bagi segenap masyarakat.
    Dalam rangka perluasan mitra kerja sama, Jurusan Ilmu Administrasi Negara Fakultas Ilmu Sosial (IAN FIS) menandatangani Perjanjian Kerja Sama (PK) dengan Lembaga Ombudsman Daerah Yogyakarta di Ruang Lafran Pane FIS UNY, Jum’at (31/5). Perjanjian kerjasama dengan judul Kerja Sama Pelaksanaan Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat bermaksud untuk meningkatkan kualitas pelaksanaan Tri Dharma PT bagi pengembangan kedua belah pihak. “Perjanjian ini diharapkan dapat memayungi seluruh kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat yang dilakukan Jurusan IAN dan LOD”papar Dekan FIS UNY, Prof. Dr. Ajat Sudrajat, M.Ag.
     Menurut Ketua Jurusan IAN, Dwi Harsono, MPA,. MA, dalam bidang pendidikan PK menjadi landasan bagi keberlanjutan program magang mahasiswa Jurusan Ilmu Administrasi Negara di LOD Yogyakarta yang telah dilaksanakan untuk dua angkatan mahasiswa yaitu angkatan 2008 dan 2009 pada tahun 2012 dan 2013. Selain itu beberapa staf ahli LOD juga pernah diundang sebagai dosen tamu untuk mata kuliah Reformasi Administrasi Negara pada tahun 2012. Oleh karena itu penandatangan PK tersebut diharapkan menjadi legal formal bagi peningkatan kerja sama Jurusan Ilmu Administrasi Negara, UNY dengan LOD Yogyakarta.
    Pada kesempatan yang sama, Jurusan Ilmu Administrasi Negara (IAN) juga melakukan rintisan kerja sama dengan Bappeda Sleman, Pemerintah Kota Yogyakarta, Badan Kepegawaian Negara (BKN) Regional I, dan Lembaga Ombudsman Swasta (LOS). Bersama dengan Bappeda Sleman, Jurusan IAN berencana akan melakukan kerja sama dalam pengembangan penelitian dan basis data guna mendukung Agenda Riset Daerah Kabupaten Sleman. Sementara itu, rintisan kerja sama antara Jurusan IAN FIS UNY dan Pemerintah Kota Yogyakarta adalah melalui program magang mahasiswa pada Satuan Kerja Perangkat Daerah Kota Yogyakarta yaitu Badan Kepegawaian Daerah, Badan Lingkungan Hidup, dan Dinas Sosial. Program magang mahasiswa ke depan diharapkan juga semakin berkembang dan diperluas dalam bidang yang lain, seperti penelitian dan pengabdian pada masyarakat. “Inisiasi kerja sama dengan BKN Regional I Yogyakarta dan LOS juga telah diawali dengan audiensi staf BKN Regional I YK dan LOS dengan staf pengajar Jurusan IAN untuk menemukan bentuk kerja sama yang dapat memperkuat fungsi masing-masing lembaga”imbuh Dwi. (Utami/Eko)