JURUSAN ILMU KOMUNIKASI SELENGGARAKAN KEGIATAN VISITING PROFESSOR

Jurusan Ilmu Komunikasi (Ilkom) Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta (FIS UNY) selenggarakan kegiatan visiting professor dengan menghadirkan dosen Fakulti Sains Sosial dan Kemanusiaan (FSSK) Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM), Dr. Mohd. Noor Shahizan Ali. Mengawali kegiatan visiting professor, Jurusan Ilmu Komunikasi menggelar diskusi pada hari Selasa (2/4/2019) di Ruang Sidang Dekan FIS UNY. Diskusi dihadiri oleh Dekan, Ketua dan Sekretaris Jurusan Ilkom, Tim Unit Urusan Internasional dan Kerjasama (U2IK) FIS dan dosen Ilkom.

Dalam kesempatan tersebut, Dekan FIS UNY, Prof. Dr. Ajat Sudrajat, M.Ag. menjelaskan bahwa kegiatan visiting professor dapat menjadi sarana transfer of knowledge. Selain itu, Ajat juga mendorong para dosen di Ilkom untuk berkolaborasi melakukan penelitian bersama.”Silahkan nanti dirancang berbagai kemungkianan penelitian bersama  atau joint research antara FSSK UKM dan FIS UNY”ungkap Ajat.

Sementara itu, Dr. Mohd. Noor Shahizan Ali mengungkapkan beberapa tawaran kerjasama diantaranya adalah post doctoral, joint publication, international conference, book series publication dan joint research. “Saya berencana menerbitkan sebuah buku tentang strategic communication yang memuat tulisan dosen FSSK UKM dan dosen FIS. Sejauh ini saya sudah mendapat 4 artikel dari FSSK UKM dan selebihnya akan saya isi dengan beberapa tulisan dari dosen FIS”ujar Ketua Program Komunikasi dan Pengurusan Maklumat FSSK UKM

Mohd. Noor Shahizan Ali menambahkan, pada bulan November tahun 2019 ini, UKM akan mengadakan International Conference tentang Media and Comunication (MENTION), saya berharap para dosen di FIS ini dapat berpartisipasi dengan mengirimkan full paper untuk dipresentasikan dalam international conference tersebut. UKM juga memiliki jurnal komunikasi terindeks scopus yang dapat menjadi media untuk publikasi artikel bapak/ibu dosen di FIS.

“Penelitian bersama juga memungkinkan untuk kita lakukan misalnya kajian perbandingan tentang Indonesia-Malaysia. Tentu hal ini perlu didukung dengan grant untuk merealisasikannya. Banyak sekali grant yang bisa kita peroleh sehingga kita bisa saling berkolaborasi untuk mewujudkannya”jelasnya

Ketua Jurusan Ilkom, Dr. Suranto, M.Pd, menyambut baik tawaran kerjasama dari Mohd. Noor Shahizan Ali. Ia mengajak kepada semua dosen Ilkom untuk memanfaatkan waktu untuk sharing dan berkolaborasi dengan Mohd. Noor Shahizan Ali sehingga akan menghasilkan output seperti penerbitan artikel pada book series maupun jurnal scopus. (Eko)