JURUSAN PENDIDIKAN EKONOMI TERIMA KUNJUNGAN IKIP PGRI BOJONEGORO

“Kami sangat tertarik untuk berkunjung ke FISE UNY atas rekomendasi teman-teman yang telah berkunjung terlebih dahulu ke jurusan PKNH FISE UNY”, ungkap Drs. Heru Ismaya, M.Pd., Kaprodi Pendidikan Ekonomi IKIP PGRI Bojonegoro yang juga merupakan pimpinan rombongan studi banding dari jurusan Pendidikan  Ekonomi IKIP PGRI Bojonegoro. Rombongan yang terdiri dari 126 mahasiswa dan 9 orang dosen ini selain ingin membandingkan prodi mereka dengan prodi / jurusan Pendidikan Ekonomi FISE UNY juga antara Himpunan Mahasiswa (HIMA) mereka. Kunjungan tersebut diterima oleh jajaran dekanat Fakultas Ilmu Sosial dan Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta (FISE UNY) yang pada kesempatan tersebut diwakili oleh Pembantu Dekan II, Dr. Sugiharsono yang kebetulan juga pengajar di Jurusan Pendidikan Ekonomi FISE UNY. PD II didampingi oleh Ketua jurusan Pendidikan Ekonomi, Ali Muchson, M.Pd, sekretaris jurusan dan juga beberapa dosen prodi Pendidikan Ekonomi.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua Jurusan (Kajur) Pendidikan Ekonomi FISE UNY, Ali Muchson, M.Pd memaparkan tentang sejarah jurusan pendidikan Ekonomi yang awalnya bernama Prodi Pendidikan Ekonomi Perusahaan, berubah nama menjadi Pendidikan Ekonomi koperasi dan mulai tahun 2006 hingga sekarang berubah  menjadi Prodi Pendidikan Ekonomi di bawah jurusan Pendidikan Ekonomi dengan akreditasi A.

Ali juga menyampaikan bahwa di jurusan Pendidikan Ekonomi yang dipimpinnya saat ini menggunakan kurikulum 2002 dan kurikulum 2009. Mahasiswa jurusan Pendidikan Ekonomi juga bisa memanfaatkan media online untuk menunjang perkuliahan mereka seperti mahasiswa UNY lainnya, yaitu menggunakan media SIAKAD (Sistem Pelayanan Akademik) dan SIOLA (Sistem Informasi Online Library). Sarana prasarana yang menunjang perkuliahan yang lain adalah Laboratorium, meski ada beberapa lab yang penggunaannya sharing dengan jurusan lain seperti lab Micro Teaching, Lab computer, lab. kewirausahaan dan lab bursa efek. Selain itu ruang kelas ber-AC dan multimedia juga tersedia dengan fasilitas pembelajaran seperti LCD, projector, Laptop, OHP, Handycam, Camera Digital dan sarana lain telah disediakan guna memperlancar dan mendapatkan pembelajaran yang maksimal.

Tenaga pengajar yang ada di Jurusan Pendidikan Ekonomi FISE UNY berjumlah 19 orang dengan tingkat pendidikan tertinggi S3 yang telah diperoleh 4 orang pengajar, dengan penyandang gelar professor 3 orang di  jurusan tersebut. Ali juga menambahkan, “ Upaya untuk meningkatkan kinerja dan hasil yang maksimal Jurusan juga mendatangkan dosen tamu melalui program kemitraan, mengirimkan dosen untuk tugas belajar dan tentunya mengikuti kegiatan seminar  ilmiah, lokakarya, penataran, workshop dan sebagainya. Baik yang berskala nasional maupun internasional, baik sebagai penyaji maupun peserta”.