JURUSAN PENDIDIKAN GEOGRAFI FIS UNY RINTIS KERJASAMA DENGAN UNIVERSITY OF MALAYA

Dalam rangka mengembangkan jaringan kerjasama internasional, Jurusan Pendidikan Geografi Fakultas Ilmu sosial Universitas Negeri Yogyakarta (FIS UNY) berkunjung ke University of Malaya, Malaysia Jumat (7/6). University of Malaya yang terletak di sebelah barat daya Kuala Lumpur tersebut merupakan universitas tertua dan paling prestisius di Malaysia. Sejumlah program ditawarkan untuk mahasiswa internasional mulai dari jenjang persiapan sarjana, sarjana dan pascasarjana. Fakultas yang dimiliki diantaranya seni & ilmu sosial, bisnis & akuntansi, ilmu komputer & teknologi informasi, kedokteran gigi, ekonomi dan administrasi, pendidikan, teknik, bahasa, hukum, kedokteran, sains dan lingkungan perkotaan.
Dalam kesempatan tersebut, para dosen Geografi FIS UNY berkunjung ke Fakulti Sastera&Sains Sosial dan disambut oleh Prof. Jamilah Muhamad, Dr. Aziz Shafie  serta beberapa dosen dari kampus setempat. Perwakilan dari University of Malaya, Prof. Jamilah mengungkapkan, kunjungan tersebut merupakan sebuah awal yang baik dan berharap dengan adanya kunjungan tersebut akan terjalin kerjasama yang sinergis antara University of Malaya dengan FIS UNY.
Sementara Ketua jurusan Geografi FIS UNY, Dr. Hastuti menyampaikan bahwa dalam kunjungan tersebut FIS UNY mengusulkan beberapa rintisan kerjasama dengan University of Malaya diantaranya pertukaran dosen, sit in mahasiswa, penelitian bersama dan kerjasama penerbitan jurnal internasional. ”Kami berencana untuk malakukan pertukaran dosen, sit in mahasiswa, penelitian bersama, dan kerjasama penerbitan jurnal internasional dengan Univesity of Malaya”, paparnya saat diwawancarai di ruang Humas FIS.
Hastuti meambahkan kerjasama dengan jurusan Geografi juga dapat direalisasikan dengan melakukan pendampingan mahasiswa Geografi untuk Praktek  Lapangan Geografi (PLG) di University of Malaya serta  memfasilitasi mahasiswa yang akan melakukan penelitian di salah satu objek yang ada di Malaysia untuk penulisan tugas akhir. (Eko)