KEGIATAN INTERNSHIP BEKALI MAHASISWA DENGAN PENGALAMAN LAPANGAN

Jurusan Ilmu Administrasi Negara (IAN) Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta (FIS UNY) melakukan program internship di Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB), Dewan Perwakilan Rakyat (DPR-RI) dan Kampung Naga Tasikmalaya pada tanggal (31/10-4/11/ 2018). Internship/ Praktikum Penelitian merupakan mata kuliah yang bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan pengalaman lapangan terkait teori dan konsep yang dikembangkan dalam Ilmu Administrasi Negara. Kegiatan ini diikuti oleh 89 orang mahasiswa Jurusan Ilmu Administrasi Negara FIS UNY angkatan tahun 2016 dan didampingi oleh tiga Dosen IAN yaitu Argo Pambudi, M.Si,  F. Winarni, M.Si, dan Pandhu Yuanjaya, MPA.

Ketua Jurusan IAN, Argo Pambudi, M.Si., menjelaskan bahwa kegiatan internship tersebut memiliki tiga tema berbeda. Tema untuk PAN-RB yaitu Strategi Peningkatan Kapasitas dan kualitas Aparatur Sipil Negara dalam Mewujudkan good Governance di Era Digital. Internship di DPR RI mengambil tema Strategi DPR RI dalam Mewujudkan Public Trust di Era e-government. Kegiatan internship di Kampung Naga bertemakan Eksistensi Kearifan lokal di era modern.

Melalui mata kuliah internship, lanjut Argo, mahasiswa diharapkan mampu memformulasikan masalah yang terjadi di lapangan, menggali data dari lapangan, dan membuat pemecahan masalah secara ilmiah sesuai dengan teori dan konsep yang berkembang dalam Ilmu Administrasi Negara. Mata kuliah ini berbentuk Praktik Kerja Lapangan (PKL) yang dilaksanakan berdasarkan Kurikulum 2014 FIS UNY. Pada kurikulum 2014, Jurusan/Program Studi Ilmu Administrasi Negara terdapat mata kuliah Internship ini  dengan bobot 3 SKS dengan kode PKL 6301.

Argo menambahkan, program internship merupakan kegiatan wajib. Melalui kegiatan ini, mahasiswa dapat memberikan kontribusi nyata dalam menyelesaikan permasalahan publik melalui rekomendasi hasil penelitian. Selain itu, program ini memberikan kesempatan kepada para mahasiswa untuk meningkatkan kepekaan sosial dan meningkatkan kemampuan penelitian lapangan sebelum mereka menyelesaikan studinya.

“Program internship juga bertujuan untuk mewujudkan salah satu misi Jurusan IAN yaitu meningkatkan kualitas dan kuantitas Tri Dharma Perguruan Tinggi yang meliputi: pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengabdian masyarakat” tutupnya (Eko)