KENALKAN FIS UNY, TIM HUMAS LAKUKAN ROADSHOW

Promosi. Kata itu sangat lekat dengan bagian Humas. Pencitraan Fakultas yang merupakan salah satu tugas utama dari bagian Humas tentu juga selalu dilakukan oleh bagian Humas Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta (FIS UNY). Dalam upaya pencitraan tersebut, Humas FIS UNY melakukan roadshow promosi fakultas ke sekolah-sekolah di pelosok  kabupaten provinsi DIY. Pada periode tahun 2013 ini, roadshow diagendakan ke SMA N 1 Imogiri (Bantul), SMA N 1 Sentolo (Kulon Progo), SMA N 1 Minggir (Sleman) dan SMA N 1 Patuk (Gunung Kidul). Sebagai Ketua Panitia, Rhoma Dwi Arya Yuliantri, M. Pd mengatakan, “Kegiatan ini dilaksanakan demi upaya untuk lebih dikenalnya FIS UNY oleh siswa SMA yang nantinya akan segera melanjutkan pendidikan tinggi. Sehingga diharapkan image branding fakultas bisa semakin positif.” ujarnya.
Pada Roadshow hari pertama (Kamis, 28/11), Tim Humas yang terdiri dari Rhoma, Sari, Eko dan Oki berkunjung ke SMA N 1 Imogiri, Bantul. Mereka diterima oleh Humas sekolah, Dra. Theresia Nanik Sulistiyani, M.Pd dan Drs. Musdiyanto yang menjabat sebagai waka kurikulum sekolah tersebut. Sebelum tim humas FIS memberikan presentasi kepada para  murid kelas XII jurusan IPS yang berjumlah 4 kelas tersebut, Nanik berpesan agar nanti bisa memberikan motivasi kepada anak didiknya agar mereka berminat untukmelanjutkan sekolah di PTN. “Kami mohon nanti Bapak-Ibu bisa memberikan gambaran kepada anak-anak, agar mereka tertarik untuk melanjutkan sekolah. Syukur-syukur mereka bisa memilih FIS UNY untuk studi lanjut mereka.” Ungkap Nanik. Musdiyanto menambahkan, bahwa saat ini banyak muridnya yang ingin melanjutkan sekolah, bahakn banyak yang berminat untuk meneruskan di UNY. “Siapa tau nanti setelah mereka akan memilih FIS dan nantinya juga akan banyak yang diterima di FIS juga.”  
Dalam pantauan tim redaksi, para siswa sangat antusias mendengarkan presentasi dari tim humas. Banyak pertanyaan yang disampaikan, salah satunya dari Hari siswa kelas XII IPS 1, “Mbak mau tanya, klo di FIS itu, semisal sudah dinyatakankan diterima melalui SBMPTN, tapi akhirnya tidak jadi diambil apakah ada sanksinya?”.  Muncul juga pertanyaan dari salah satu siswa, “Apakah bisa lulusan dari FIS masuk atau mendaftar di Polri atau militer?” Pertanyaan berbeda pun juga muncul dari beberapa siswa lain yang juga tidak hanya menanyakan seputar FIS tetapi juga dari Fakultas lain di UNY.  Dari antusiasme para siswa ini semoga juga menjadi gambaran tentang seberapa jauh pemahaman mereka tentang UNY secara umum dan FIS secara khusus. Tentunya hal ini juga akan menjadi PR bagi humas, agar lebih menggiatkan lagi pengenalan fakultas ke sekolah-sekolah lain, tidak hanya di DIY saja tetapi juga di sekolah lain, di seluruh Indonesia. Harapannya tentu dengan kegiatan ini image atau branding dari FIS UNY semakin baik dan semakin dikenal di seluruh Indonesia hingga merambah ke seluruh dunia. Aamiin. (Sari)