Konferensi Mini Merekatkan Kerjasama FIS UNY dan FASS UM

Jurusan Pendidikan IPS, FIS UNY dan Faculty of Arts and Social Sciences University of Malaya  menggelar konferensi mini pada 25 Oktober 2017, di Kuala Lumpur Malaysia. Program ini dikerjakan dalam rangka meningkatkan kerjasama antara UNY dan UM yang telah terjalin selama beberapa tahun terakhir. Tahun lalu dilakukan penelitian bersama yang melibatkan dosen-dosen dari kedua belah pihak. Tahun ini, 6 dosen Pendidikan IPS FIS UNY berkesempatkan mendedahkan hasil penelitian mereka di hadapan pimpinan, dosen, dan mahasiswa FASS UM. 
Dalam konferensi terbatas itu, Dr. Nasiwan menyampaikan penelitiannya tentang ilmu-ilmu sosial profetik berbasis kebhinekaan. Menurutnya, nilai-nilai profetik melahirkan teori dan konsep didasarkan dari fenomena dan peristiwa sosial yang tumbuh di masyarakat Indonesia berdasarkan pada konteks keindonesiaan yang berkembang. Dengan hadirnya teori sosial yang berbasis pada konsteks keindonesiaan maka terbuka peluang lebih besar untuk dapat berkontribusi menyelesaikan berbagai permasalahan yang disinyalir gagal melahirkan generasi muda yang memiliki jiwa nasionalisme, kemandirian serta berkarakter. 
Pada kesempatan yang sama, Anik Widiastuti, M.Pd memaparkan penelitiannya mengenai pendidikan kewirausahaan di UNY. Bagi Anik, Perguruan Tinggi seperti UNY dapat berkontribusi menyiapkan mahasiswa berjiwa mandiri melalui pendidikan kewirausahaan. Tujuannya, mahasiswa terampil dan kreatif sehingga dapat menciptakan lapangan pekerjaan yang baru. Tidak hanya itu bahwa dalam menyiapkan generasi muda yang berkarakter dan mempunyai ketrampilan sosial dapat melalui penerapan nilai-nilai kearifan lokal berbasis ke-indonesiaan. Melalui pendidikan kewirausahaan kecerdasan emosi seperti pengendalian diri, kontrol moral, kemauan yang baik, dan empati dapat tumbuh. 
Melalui penelitiannya, Agustina Tri Wijayanti, M.Pd meneguhkan pendapat Anik, kecerdasan emosi dapat menciptakan generasi muda memiliki karakter yang baik dan dapat membangun hubungan antarpribadi di sekolah dan masyarakat secara harmonis. Harapannya dengan terlaksananya mini conference antara UNY dan UM hubungan antara 2 kampus semakin erat dan dapat menjalin kerjasama yang dalam bentuk berbeda di tahun depan. (Dyna)