KUATKAN HUBUNGAN BAIK, PRODI ILMU SEJARAH TERIMA KUNJUNGAN DARI UDAYANA

Kerjasama dan menjaga hubungan baik memang sudah seharusnya dipertahankan dan disuburkan. Seperti hubungan persaudaraan yang terjadi antara program studi (prodi) Ilmu Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta (FIS UNY) dengan Jurusan Sejarah, prodi Ilmu Sejarah Fakultas Ilmu Budaya Universitas Udayana (FIB UNUD). Dalam rangka memupuk hubungan baik tersebut, kemarin Kamis (25/4), rombongan berjumlah 38 orang yang terdiri dari dosen dan mahasiswa, dipimpin oleh Koordinator Prodi Ilmu Sejarah FIB UNUD, Drs. I Nyoman Sukiada, M.Hum berkunjung ke Prodi Ilmu Sejarah FIS UNY. Rombongan diterima langsung oleh Dekan FIS UNY, Prof. Dr. Ajat Sudrajat, M.Ag yang kebetulan juga merupakan dosen dari prodi Ilmu Sejarah FIS UNY. Hadir pula menyambut, Ketua Jurusan Pendidikan Sejarah, sekaligus Kaprodi Ilmu Sejarah HY. Agus Murdiyastomo, M.hum beserta jajaran dosen, staff dan bberapa mahasiswa prodi Ilmu sejarah.
Dalam kegiatan tersebut, para tamu tidak hanya berkunjungn saja namun berbagai macam kegiatan mereka selenggarakan bersama. Inti dari kegiatan tersebut kedua prodi mengadakan diskusi bersama yang diberi nama : “Diskusi Sumbangan Sejarah Lisan sebagai Metode & Sumber Dalam Penelitian Sejarah Lokal”
Dalam kesempatan tersebut Dekan FIS UNY menyampaikan sambutan salah satunya tentang pentingnya menjalin kerjasama untuk menguatkan hubungan baik yang sudah terjalin selama ini, “Kunjungan dari Saudara kita kali ini mungkin bukan yang pertama, dan atau mungkin sudah yang kesekian kali, khususnya Bapak/Ibu dosen. Bagi Bapak Ibu yang dulu pernah kesini mungkin ada beberapa yang berbeda, salah satunya kami saat ini sudah mempunya gedung Laboratorium IPS Terpadu, 4 lantai. Jadi di gedung ini isinya cuma laboratorium yang dimiliki oleh semua jurusan. Dan di lantai 4 ada aula dengan kuota 350 orang.” Papar Ajat
Sedangkan Sukiada, menuturkan bagi mahasiswanya kunjungan seperti ini memang rutin diadakan 2 tahun sekali. Dan alasana kenapa memilih prodi Ilmu Sejarah FIS UNY dengan alasan mendekatkan sesama prodi sejenis. “tujuan kami berkunjung ke prodi Ilmu Sejarah FIS UNY agar kami bisa mendekatkan mendekatkan diri dengan sesama prodi yang melakukan pendekatan sejarah. Dan tentu harapannya setelah ini hubungan antara UNY dan Udayana semakin erat di kemudian hari”ungkap sukiade dalam sambutannya.
Disampaikan juga, rombongan dari UNUD ini selain berkunjung ke UNY juga melakukan kunjungan ke SMA N 11 Jogja sebagai sekolah kebangsaan dan gedungnya pun merupakan salah satu gedung budaya karena merupakan tempat penandatanganan kerjasama Budi Utomo. Setelah dari UNY mereka juga diagendakan untuk berkunjung ke ke kampung multi agama di Bantul. Dimana masysarakat Hindu bisa bergaul dan bekerjasama dengan masyarakat sekitar yang memiliki berbagai aliran agama yang berbeda – beda. Sehingga diharapkan mahasiswa bisa mengetahui pasti kegiatan toleransi beragama di Jogja, khususnya masyarakat di Banguntapan Bantul. (sari)