Kunjungan Industri HMPE ke Sentra Buah Naga

Bertempat di sentra Agrowisata Kusumo Wanadri dusun Bebekan Temon Wates Kulonprogo Himpunan Mahasiswa pendidikan Ekonomi (HMPE) FISE UNY mengadakan Kunjungan Industri (KI) baru-baru ini. KI merupakan program kerja bidang pemberdayaan Ekonomi dan Sosial (PES) HIMA pendidikan Ekonomi.

Rombongan berjumlah 56 peserta kunjungan, 22 panitia, dan 8 pengurus Hima Pendidikan Ekonomi. Selaku pembimbing bapak Supriyanto, MM, dalam sambutannya berharap kunjungan ini akan efektif karena mahasiswa terjun langsung ke lapangan, peserta lebih mengenal dunia usaha, mengembangkan jiwa entrepreneurship dalam diri mahasiswa, mampu menangkap peluang usaha setelah lulus kuliah, bisa menghasilkan ide-ide kreatif yang dituangkan dalam program kreativitas mahasiswa, serta dapat berwirausaha secara kreatif dan inovatif.

Peserta melihat langsung perkebunan buah naga dan mendapatkan informasi seputar sejarah berdirinya tempat, cara penanaman, dan motivasi berwirausaha yang dijelaskan oleh bapak Edy selaku pengelola. Pak Edy menjelaskan bagaimana memulai usaha dengan melihat peluang, menganalisis Strength, Weakness,Opportunity, Threat (SWOT). Tantangan dalam membudidayakan buah naga adalah mencari lahan kosong, suhu yang ekstrim, dan kandungan unsur hara yang miskin. Setelah mengetahui berbagai masalah, perlu dicari solusi dengan memikirkan apa yang ditanam, dan akan dijual kemana. Dijelaskan, orientasi jual buah naga pada awalnya hanya dihargai Rp. 500,00/kg, padahal buah naga yang berisi putih sekarang dapat mencapai RP. 20.000,00/kg. Maka tidak heran apabila budidaya buah naga ini mampu mendongkrak penerimaan masyarakat melalui penyerapan tenaga kerja.

 Hal penting dilakukan dalam pembudidayaan buah naga adalah penyiraman setiap hari saat musim kemarau, pembersihan gulma, pemangkasan pada bagian sulur tua dan sulur baru yang berlebihan. Tanaman buah naga dapat bertahan hidup sampai 15 tahun. Tanaman ini tidak terpengaruh kualitas tanah, membutuhakan protein dari pupuk dan mendapatkan penyinaran penuh, serta air yang cukup.

Buah naga dapat pula dibut produk olahan, antara lain sirup dan selai. Khasiat dari buah naga antara lain: menambah stamina, penyeimbang gula darah, menambah kinerja otak, penguat ginjal dan tulang, menurunkan kolesterol, asam urat, trigliserida, anti oxidant dan meningkatkan ketajaman mata,mencegah kanker usus,  mengatasi sembelit.

Selepas kunjungan indutri peserta mendapatkan fasilitas rekreasi di pantai Glagah. Diisi dengan permainan berhadiah. Senja telah merangkak naik, bis yang ditumpangi rombongan KI pun beranjak kembali ke kampus tercinta. (Dwi, Nisa/ Kirom)