LKMM ORMAWA FISE UNY

Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta (FISE UNY), Sardiman AM, M.Pd, mengatakan bahwa Latihan Kepemimpinan dan Manajerial Mahasiswa (LKMM) merupakan agenda yang sangat strategis untuk membekali kepengurusan organisasi mahasiswa (ormawa) FISE UNY periode 2011. Hal itu ia sampaikan ketika membuka acara LKMM Ormawa FISE yang bertemakan “Bersama Membangun Indonesia.” LKMM kali ini diadakan di Sanggar Kegiatan Belajar, Jl. Imogiri Bantul Yogyakarta dan berlangsung selama 3 hari (18-20/3).
Acara yang diikuti oleh 51 orang, yang merupakan perwakilan dari 17 ormawa yang ada di FISE UNY ini bertujuan untuk meningkatkan skill kepemimpinan dan manajerial pengurus Ormawa. LKMM ini mempunyai 9 materi yang disampaikan oleh dosen dan mantan aktifis FISE UNY. Diantaranya ada Nasiwan, M.Si, Suharno, M.Si, Siswanto, M.Si. Sedangkan dari mantan aktifis FISE ada Fitra Hariadi -mantan Presiden BEM REMA UNY- dan Rarasati Mawtiq -Ketua BEM FISE UNY tahun 2007.
Sardiman mengatakan bahwa organisasi dapat melatih survival mahasiswa sebelum terjun ke masyarakat secara riil. Hal ini diamini oleh Heri Sudarmanto –Ketua BEM FISE UNY- yang berpendapat bahwa para aktifis dituntut untuk memiliki “kemampuan lebih” dibandingkan mahasiswa lainnya.”Kemampuan lebih” itu harus digunakan untuk selalu membuat perbaikan, terutama di masyarakat kampus.  “Para aktifis harus mampu menjadi teladan dan leader dalam setiap perubahan,” ujarnya.
Heri juga berharap bahwa setelah adanya LKMM ini ormawa FISE dapat segera merealisasikan program-program yang telah direncanakan. Dan permasalahan mengenai hambatan-hambatan teknis tidak menjadi kendala lagi. “Harapannya pengurus ormawa FISE tidak lagi menemui hambatan teknis,” ungkap mahasiswa Administrasi Negara ini.
[triyanto]