MAHASISWA FIS BAWA TIM KOPMA UNY JUARA DALAM NCC 2018

Tim KOPMA Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) ikuti ajang Cooperative Concourse (NCC) 2018 yang diselenggarakan di Ballroom hotel UNY belum lama ini.  NCC tahun kedua ini mengangkat tema “Kesiapan Koperasi Menghadapi Perekonomian Digital”. Pemilihan tema sesuai dengan perkembangan dunia akhir-akhir ini yang sudah serba digital. Tim KOPMA UNY yang diketuai oleh Zakiah Noor Hidayati (Ilmu Administrasi Negara/ 2017) beranggotakan Angesti Fajar Utami (Pendidikan Akutansi/ 2016) dan Setyo Wati (Pendidikan Akutansi/ 2016) berhasil meraih juara II dalam kompetisi tersebut.

“NCC merupakan inovasi dalam ranah perkoperasian yang menarik dan penting untuk diadakan secara rutin. Mengingat koperasi sebagai soko guru perekonomian sehingga langkah memahami koperasi mulai dari teori sampai dengan merealisasikan visi misi yang mulia perlu dilakukan oleh anak bangsa, utamanya kita sebagai anggota koperasi. Dengan demikian koperasi dapat tumbuh dan berkembang sehingga mampu bersaing dengan pasar dengan tetap melestarikan nilai-nilai lokal, yakni asas kekeluargaan dan gotong royong” jelas Zakiah

Zakiah manambahkan NCC dibagi atas 3 babak yang dilaksanakan selama dua hari. Babak pertama berlangsung selama 60 menit untuk menyelesaikan 1 sampai 20 soal pilihan ganda, soal benar salah berisi 15 pertanyaan, dan soal isian singkat berisi 15 pertanyaan. Ketiga kategori soal tersebut harus dijawab semua oleh para peserta.

Pada hari kedua, lanjut Zakiah, diumumkan 10 tim yang lolos babak pertama dan berhak maju ke babak selanjutnya yaitu sesi debat. Kesepuluh tim tersebut berhadapan satu lawan satu dalam debat melalui sebuah mosi yang diberikan oleh panitia. Setelah menilai dari aspek  pengetahuan, keterampilan dalam public speaking dan penguasaan peserta, Drs. Supriyanto, M.M., Komarudin Batubara S.E., dan Dr. Siswanto M.Pd selaku juri memutuskan 5 tim yang lolos ke babak final, yaitu: Universitas Siliwangi Perwakilan Kopma UNSIL diketuai oleh Dika Agung Permana; Universitas Negeri Yogyakarta Perwakilan Kopma UNY diketuai oleh Zakiah Noor Hidayati; Universitas Gajah Mada Perwakilan Kopma UGM diketuai oleh Anisa Ni’matussholiha; Universitas Gajah Mada Umum diketuai Abimanyu Arya Ramadhan; Universitas Gajah Mada Perwakilan Kopma UGM diketuai Novita Wila.

“Setelah ketiga babak terlewati, seluruh skor di akumulasi dan terdapat persamaan nilai antara tim Kopma UGM dan Kopma UNY maka kedua tim tersebut diberikan soal tambahan untuk merebutkan juara 1. Dalam mengerjakan soal tambahan, Tim Kopma UGM berhasil memperoleh poin yang lebih tinggi dari UNY yakni 1050 poin sehingga Tim Kopma UGM berhak atas juara pertama sedangkan tim  KOPMA UNY peringkat kedua” imbuhnya  (Eko).