Mahasiswa AN FISE kunjungi BKD DIY

Sekitar 110 mahasiswa jurusan Administrasi Negara (AN) Fakultas Ilmu Sosial dan EKonomi (FISE),  kunjugi Badan Kepegawaian Daerah (BKD)Provinsi Yogyakarta, Selasa (7/6). Dengan menggunakan tiga bus milik Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) dan didampingi oleh Rosyidah, M.Si dan Lena Satlita, M.Si mereka disambut oleh Kepala BKD DIY, Sudibyo, S.H, beserta jajarannya di Ruang rapat C, BKD.

Rosyidah, dalam sambutanya mengatakan bahwa tujuan kunjungan ini untuk mengetahui informasi dan kondisi BKD serta peluang mahasiswa untuk berkarir didalamnya.

Sudibyo menerangkan bahwa BKD DIY mempunyai 34 lembaga berbentuk biro atau badan dan mempekerjakan 7862 pegawai. Dalam memantau pekerjaan para pegawainya, BKD menerapkan sistem reward dan punishment. Hal ini dilakukan agar kinerja pegawai dapat berjalan dengan baik.

Selain itu, dalam penempatan pegawai BKD menerapkan psikotes untuk mengetahui kompetensi dan minat pegawai, agar dapat ditempatkan di tempat yang tepat. “Istilahnya orang yang tepat pada tempat dan waktunya,” ujar Sudibyo.

Mahasiswa terlihat antusias mendengarkan keterangan dari Sudibyo. hal ini tampak saat waktu diskusi yang dipenuhi dengan berbagai pertanyaan dari mahasiswa. Sudibyo dibantu jajarannya, menjawab pertanyaan dari mahasiswa satu per satu. Akhirnya, kunjungan diakhiri dengan penyerahan kenang-kenangan dan foto bersama. (Triyanto)