MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI WAKILI UNY DI PEKSIMIDA

Mahasiswa program studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta (FIS UNY) ukir prestasi dalam ajang Pekan Seni Mahasiswa tingkat UNY yang diselenggarakan belum lama ini. Mahasiswa tersebut terdiri dari Muhammad Harry Prayoga (Juara II Tangkai Lomba Nyanyi Tunggal Dangdut Putra), Ayunita Klarasari Noryana (Juara II Tangkai Lomba Nyanyi Tunggal Dangdut Putri), Koenunu Bagaskara (Juara III Tangkai Lomba Nyanyi Tunggal Dangdut Putra), Panji DN (Juara III Tangkai Lomba Nyanyi Tunggal Keroncong Putra), dan Putu Fahru ((Juara I Tangkai Lomba Fotografi). Mereka berhasil menyingkirkan puluhan pesaing dari seluruh fakultas di UNY. Sebelum bersaing di tingkat Universitas, mereka telah melalui proses seleksi ketat di tingkat fakultas.

Kelima mahasiswa tersebut berhak mewakili UNY untuk bersaing di Pekan Seni Mahasiswa Daerah (PEKSIMIDA) karena syarat untuk mengikuti seleksi tingkat daerah adalah mahasiswa yang mendapat juara I, II, dan III pada tingkat universitas. Apabila di tingkat daerah berhasil menduduki peringkat teratas, mereka berhak melaju di tingkat nasional pada bulan Agustus mendatang dimana DIY menjadi tuan rumah Pekan Seni Mahasiswa Nasional (PEKSIMINAS) tahun 2018.

“Kegiatan Pekan Seni Mahasiswa tahun ini terdiri atas 15 tangkai lomba yaitu lomba lukis, komik strip, poster, fotografi, vocal group, nyanyi tunggal pop/hiburan, dangdut, keroncong, seriosa, penulisan karya sastra cerpen, lakon, puisi, baca puisi, monolog, dan tari” Jelas Harry

Harry menambahkan, PEKSIMINAS bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan kemampuan praktis mahasiswa dalam menumbuhkan apresiasi terhadap seni, baik seni suara, seni pertunjukan, sastra, dan seni rupa. Pekan Seni Mahasiswa Nasional diselenggarakan setiap dua tahun sekali oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (KEMENRISTEKDIKTI) melalui Badan Pembina Seni Mahasiswa Indonesia (BPSMI). Peserta adalah mahasiswa terpilih untuk mewakili daerah berdasarkan hasil seleksi PEKSIMIDA. (Eko)