MAHASISWA IPS SABET DUA JUARA DALAM AJANG STUDENT COMPANY

Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) adalah salah satu universitas yang menyadari pentingnya menanamkan jiwa wirausaha pada mahasiswanya karena melalui wirausaha diharapkan terbentuk mental kemandirian dan kedisiplinan. Hal ini terlihat pada saat LPPM UNY menggelar acara Student Company dengan tema “Sukses berwirausaha, kaya selagi muda”, Senin (20/1). Acara tersebut diikuti oleh berbagai Fakultas di UNY seperti FIS, FE, FT, FIP, FBS dan D3 kampus Wates dengan peserta 39 stand yang menampilkan berbagai produk diantaranya: kuliner, aksesoris, kecantikan. Tidak ketinggalan, mahasiswa jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (P.IPS) FIS didampingi oleh Dr. Endang Mulyani, M.Si dan Anik Widiastuti, M.P.d. tampil dalam ajang tersebut.
Mahasiswa Jurusan IPS tersebut kembali menunjukan eksistensinya dalam bidang kewirausahaan. Hal ini terbukti dengan diraihnya juara 1 dan juara 3 kategori Student Company mandiri oleh kelompok kewirausaahan IPS. Juara satu diraih oleh kelompok CRISPIN yang menjual aneka gantungan kunci, pin, dan stiker yang dikemas lucu dan menarik. Sementara juara dua diraih oleh kelompok UNY COTE. Kelompok ini mengemas ubi ungu yang dicampur dengan coklat sehingga menambah cita rasa dan kelezatannya. Kemenangan tersebut tak lepas dari pendamping yang selalu memberi arahan kepada kelompok-kelompok yang akan mengikuti acara student company. Salah satu bentuk perhatian dan kepedualian ini ditunjukan jauh sebelum acara ini diselenggarakan. Anik Widiastuti, M.Pd selaku salah satu pendamping menjelaskan mengenai kriteria pemenang yang akan dinilai sehingga para peserta bisa menyiapkan secara matang.
Kelompok yang menjadi juara pada acara Student Company tersebut patut di apresiasi karena kelompok IPS tersebut berhasil mengalahkan 39 stand yang mengikuti ajang serupa. Juri pada Student Company ini berasal dari 5 Fakultas dan penilaiannya mencakup aspek ide, kreatifitas, kekompakan, ciri khas stand serta presentasi produk kepada konsumen. Semoga dengan kegiatan tersebut semakin tumbuh jiwa-jiwa wirausaha dilingkungan pendidikan IPS dan kemandirian semakin melekat pada diri mahasiswa IPS salah satunya melalui beragam ajang serupa. (Sri Bijak Indriani)