Mahasiswa PKn UNJ Kunjungi FISE UNY

Sebanyak 91 mahasiswa  jurusan Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) Universitas Negeri Jakarta (UNJ) didampingi 6 dosennya kunjungi Fakultas Ilmu Sosial dan Ekonomi (FISE) UNY, Rabu (20/4).  Kunjungan tersebut disambut oleh Pembantu dekan I, Ketua Jurusan, dan beberapa dosen Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum (PKnH) FISE UNY diruang Ki Hajar Dewantara. “Kunjungan ini dalam rangka mempererat tali silaturahmi antara UNJ dengan FISE, harapannya dengan kunjungan ini mahasiswa UNJ bisa bertukar ilmu pengetahuan dan pengalaman mengingat dinamika perkembangan ilmu pengetahuan khususnya PKn yang begitu cepat” papar ketua rombongan, Dr. M.Japar M.Si.

Dalam sambutannya Pembantu dekan I FISE UNY, Suhadi Purwantara, M.Si., menyampaikan pendidikan karakter telah diimplementasikan di FISE UNY sejak tahun 2009 dengan menekankan pada rasa hormat (respect), peduli (care), disiplin (discipline), jujur (honest), dan patriotik (patriotic). Pendidikan karakter untuk mahasiswa tidak hanya dibebankan pada seorang dosen atau mahasiswa saja tetapi juga menjadi tugas dan kewajiban dosen yang lain. Suhadi menambahkan selain melaksanakan pendidikan karakter, FISE UNY juga melaksanakan kemitraan dalam bidang Penelitian, KKL, Penulisan buku ajar dengan UNES, UNS, UM, UNESA, UNDIKSA, UNIVET Sukoharjo.

Mahasiswa UNJ menjadi semakin antusias ketika memasuki sesi sharing. Dalam sesi ini dosen PKn UNJ, Raharjo, M.Si., memaparkan tentang kegiatan kegiatan akademis yang ada di UNJ seperti PPG dan kegiatan perkuliahan. Raharjo berharap bisa mendapat masukan dari dosen  FISE UNY. Selain itu ketua BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa) Fakultas Ilmu Sosial (FIS UNJ), Tresna Digjaya, mejelaskan kegiatan non-akademis di UNJ. Tresna mengatakan Organisasi Kemahasiswaan di UNJ terdiri dari MTM, BEM UNJ, BEM Fakultas, BEM Jurusan dan beberapa Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM). Dalam kesempatan tersebut ketua Jurusan PKnH Anang Priyanto, SH, M.Hum, memberikan tanggapan dan serta informasi mengenai kegiatan PPG, Pendidikan karakter, serta kegiatan kemahasiswaan di FISE UNY. (Eko)