Mahasiswa PKnH FIS UNY Sabet Juara I Tingkat Nasional

Tim mahasiswa Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum (PKnH) FIS UNY berhasil  meraih juara 1 dalam lomba Karya Cipta Aplikasi Unity 2013 Tingkat Nasional kategori Desktop Application yang digelar di Gedung KPLT Fakultas Teknik UNY, Sabtu (18/5/2013). Tim yang beranggotakan Zainal Abidin dan Pramesthi Anggoro Sekti unggul lewat karya berjudul “MyClass : Aplikasi Web Sistem Informasi Penjadwalan secara Real Time Online  Berbasis Desktop”.
Menurut Pramesthi, aplikasi tersebut dibuat guna mengatasi perubahan jadwal perkuliahan yang terkadang menyulitkan mahasiswa untuk memetakan komponen penjadwalan (mata kuliah, dosen, ruang, dan waktu) ke dalam agenda harian mahasiswa. Pada beberapa kasus sering dijumpai perubahan atau pembatalan jadwal perkuliahan yang diumumkan secara mendadak dan manual (misalnya pengumuman ditempel di dinding pengumuman atau pemberitahuan lisan pada ketua kelas). Hal ini hanya diketahui jika mahasiswa/mahasiswi datang ke kampus.
“Dengan aplikasi ini, mahasiswa dapat melihat jadwal kuliahnya melalui komputer dan mendapat pemberitahuan apabila ada perubahan jadwal kuliah, serta dapat menggantikan sistem manual yang berbelit-belit”tambah Zainal.
Lebih lanjut Zainal menjelaskan, keberhasilan ini merupakan bentuk perlawanan melawan mainstream, pasalnya bidang teknologi informasi bukanlah objek kajian Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum. “background keilmuan kita bukan halangan untuk berkarya di bidang lain,” ujarnya. (Enal/Eko)