MARI PECAHKAN KONFLIK SOSIAL BERSAMA FIS UNY

Masalah sosial yang terjadi di Indonesia semakin memprihatinkan. Salah satunya adalah konflik sosial, baik horisontal maupun vertikal. Realita menunjukkan bahwa  dewasa ini sering terjadi konflik sosial horisontal antar agama, antar suku dan antar kelompok masyarakat (kampung). Sedangkan konflik sosial vertikal seringkali melibatkan warga masyarakat di suatu lingkup pemerintah daerah dengan pusat. Peristiwa kerusuhan di Maluku, Lampung, dan NTB adalah sedikit contoh yang meresahkan masyarakat. Hasil penelitian juga menunjukkan tingkat intoleransi beragama juga meningkat 18%. Sementara aparat keamanan sepertinya semakin tidak berdaya meredam masalah-masalah tersebut. Gejala ini tentu sangat memprihatinkan.  Permasalahan sosial bangsa ini tidak mungkin diselesaikan oleh bangsa lain, melainkan dari, oleh, dan untuk bangsa sendiri. Adakah solusi untuk menghentikan konflik sosial ini guna mencegah terjadinya bencana sosial?

Untuk mencari solusi tersebut Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta bekerjasama dengan SKH Kedaulatan Rakyat mengadakan Seminar Nasional yang akan digelar Kamis(14/6) mendatang. Seminar yang akan menghadirkan pembicara handal seperti Ganjar Pranowo, SH dan Agus Purnomo, SIP keduanya merupakan anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR)RI  dan Arie Sudjito, M.Si (Sosiolog UGM) dengan moderator Pemimpin Redaksi SKH KR, Octo Lampito, M.Pd.

Pada kesempatan tersebut para pembicara akan berbicara bersama dalam diskusi panel yang akan dimulai pukul 08.00 hingga pukul 12.00. Ganjar akan membahas tentang Konflik Sosial dan Solusinya dalam tinjauan Hukum, Agus akan membahasnya dalam tinjauan Komunikasi Politik. Sedangkan Arie Sudjito akan mengupas dalam tinjauan Sosiologi. Seminar kali ini mengharpakan partisipasi dari mahasiswa, dosen, pemerhati sosial dan masyarakat umum yang perduli tentang konflik sosial yang terjadi dan bersama dengan para pakar mencari solusinya. Bagi yang berminat bisa mendaftarkan diri langsung ke Humas FIS UNY, dengan kontribusi Rp 50.000,-. Bagi yang berada di luar kota bisa mendaftakan diri by phone/sms ke 087839354318 (sari) dan untuk kontrisbusi bisa dikirimkan via transfer ke rekening BNI cabang UGM 0039217261 a.n Sumiyati. Mari bersama kita perduli bangsa kita dengan bersama memecahkan konflik yang ada disekitar kita. Kami tunggu partisipasi anda. Segera.. (sari)