Max Halen : Indonesia gagal capai industrialisasi

Max Halen, mantan duta besar Australia untuk Indonesia, memberikan stadium general di fakultas Ilmu social dan ekonomi, Universitas Negeri Yogyakarta (FISE UNY) pada Rabu (8/6). Dalam pemaparan di hadapan sekitar 110 dosen dan mahasiswa, ia menyampaikan selama ini Indonesia gagal menjalankan industrialisasi.

Sekitar  110 orang, yang terdiri dari dosen dan mahasiswa, menghadiri pemaparan Max Halen, mantan duta besar Australia, tentang “Dinamika Perkembangan Bangsa Indonesia” di Fakultas Ilmu Sosial dan Ekonomi, Universitas Negeri Yogyakarta (FISE UNY).

Dalam pemaparannya, ia menyampaikan bahwa selama ini Indonesia gagal menjalankan industrialisasi. Dari 90 juta orang yang bekerja di kota-kota besar, hanya 5 juta orang saja yang bekerja di unit usaha dengan jumlah pegawai diatas 500 orang. hal ini berimbas pada tingkat produktifitas orang Indonesia lebih rendah dibandingkan negara lain. Misalnya dibandingkan dengan  Singapura dan Malaysia.

Halen merekomendasikan agar Indonesia membangun basis industrialisasi yang kokoh, dengan peningkatan sumber daya manusia. Hal itu bisa dicapai dengan pendidikan yang berkualitas. (Triyanto)