You are here

MGMP SEJARAH KABUPATEN KLATEN BERKUNJUNG KE FIS UNY

Puluhan guru yang tergabung dalam Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Sejarah Kabupaten Klaten berkunjung ke Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta (FIS UNY), Kamis (20/9). Rombongan disambut oleh Ketua Jurusan Pendidikan Sejarah, Koordinator Prodi IPS dan dosen Jurusan Sejarah di Ruang Ki Hajar Dewantara FIS UNY. Dalam sambutan selamat datangnya, Ketua Jurusan Pendidikan Sejarah FIS UNY, M. Nurrohman, M.Pd, memaparkan keunggulan-keunggulan yang dimiliki FIS UNY salah satunya yaitu FIS UNY memiliki laboratorium IPS terpadu di desa wisata plempoh, Bokoharjo, Prambanan, Sleman yang bekerjasama dengan kantor Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko Dinas Purbakala Provinsi DIY. “Melalui laboratorium ini mahasiswa bisa menggali aspek-aspek sejarah, geografis, dan sosial kemasyarakatan dengan melakukan tracking di sekitar Candi Boko. Selain itu mahasiswa juga tinggal di rumah penduduk sekitarnya sehingga para mahasiswa bisa menghayati dan merasakan langsung kehidupan yang sesungguhnya.” paparnya.
Nurrohman menambahkan, FIS UNY juga memiliki laboratorium sejarah yang menyediakan berbagai koleksi buku sejarah yang lengkap sehingga para mahasiswa maupun dosen dapat memanfaatkannya sebagai bahan referensi maupun sumber baca untuk menambah pengetahuan dalam bidang sejarah. Selain laboratorium sejarah, FIS UNY juga memiliki laboratorium micro teaching. Laboratorium ini dipakai untuk praktek mengajar para mahasiswa sebelum mahasiswa diterjunkan ke sekolah untuk mengajar dalam program KKN PPL. Di dalam laboratorium ini suasananya didesain sedemikian rupa sehingga menyerupai kondisi di sekolah. Hal ini bertujuan agar kelak saat mahasiswa diterjunkan ke sekolah saat mengikuti program KKN PPL sudah siap dan tidak gagap.
Lanjut Nurrohman, keunggulan FIS UNY lainnya adalah pengembangan pendidikan karakter. Praktek pendidikan karakter sudah terlihat di FIS UNY, salah satunya melalui banner yang terpasang di lingkungan FIS UNY untuk mengingatkan warga FIS UNY agar selalu memiliki kepribadian atau karakter yang baik. Dengan adanya pendidikan karakter tersebut, FIS UNY mampu menghasilkan lulusan yang cerdas dan memililiki karakter yang baik.
Dalam kesempatan yang sama  pembina MGMP sejarah Kabupaten Klaten, Suyatno, S.Pd. berharap dengan kunjungan tersebut para guru dapat menambah wawasan tentang bagaimana FIS UNY mengembangkan laboratorium khususnya laboratorium sejarah. Hal senada juga diungkapkan oleh Ketua MGMP, Agus Waryanto, S.Pd. “Semoga dengan kunjungan ini dapat membekali para guru dengan pengetahuan tentang laboratorium beserta cara pengembangannya  dan menambah informasi  penting lainnya sehingga setelah kembali ke sekolah guru dapat mengaplikasikan wawasannya di sekolah masing-masing” jelasnya. (Eko)

Info Beasiswa

------------------------------------------------------
04/04/2012
PENERIMA BEASISWA 2010 FISE UNY
------------------------------------------------------
04/04/2012
Beasiswa 2010

Info Bursa Kerja

------------------------------------------------------
02/09/2014
LOWONGAN PEKERJAAN : ALFAMART
------------------------------------------------------
07/05/2014
LOWONGAN GURU PKN DAN OLAHRAGA
------------------------------------------------------
04/02/2014
LOWONGAN KERJA DARMA CENTER
------------------------------------------------------
07/05/2013
Retail Management Trainee
------------------------------------------------------
01/05/2013
LOWONGAN GURU SOSIOLOGI

Info Kemahasiswaan

Catatan Prestasi

Laksmi Laraswati, mahasiswa program studi (prodi) Administrasi Negara (AN) Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta (FIS UNY) ini tidak hanya pintar secara akademik.