MGMP Sosiologi Gunungkidul Mengembangkan Media Pembelajaran untuk Kurikulum 2013 bersama Tim PPM Pendidikan Sosiologi FIS UNY

Senin (24/7) dilaksanakan kegiatan peer teaching Guru Sosiologi Kabupaten Gunungkidul di SMA 1 Pathuk yang menjadi puncak kegiatan Program Pengabdian Masyarakat (PPM) Jurusan Pendidikan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Yogyakarta berjudul “Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Sosiologi berbasis Teknologi Informasi”. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka membantu menyiapkan Guru Sosiologi Kabupaten Gunungkidul menghadapi Kurikulum 2013 yang dimulai pada tahun ajaran 2017/2018.  Penyiapan guru-guru di sekolah dalam proses pembelajaran menjadi salah satu tugas dari Perguruan Tinggi terutama UNY. Ini merupakan kelanjutan kegiatan sebelumnya yang mana 2 tahun sebelumnya Tim PPM Pendidikan Sosiologi membantu guru-guru mengembangkan Ecomedia atau media pembelajaran sederhana. Pada tahun ini  pengembangan media diarahkan pada media pembelajaran berbasis teknologi informasi mengingat perkembangan teknologi yang semakin pesat dan para guru harus siap menghadapi tantangan tersebut. 
Dalam pelaksanaannya kegiatan ini bekerjasama dengan anggota MGMP Sosiologi Kabupaten Gunungkidul sebagai peserta serta melibatkan Balai Pendidikan Menengah Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Gunungkidul. Kerjasama dijalin dalam rangka mendiskusikan dan memecahkan bersama permasalahan yang dihadapi guru-guru di lapangan terutama dalam menghadapi implementasi Kurikulum 2013. Mengingat pada tahun ajaran sebelumnya belum semua sekolah menerapkan kurikulum ini. Sosiologi menjadi salah satu mata pelajaran yang memerlukan pendekatan menarik agar para siswa tidak bosan. Mengingat materi dalam pelajaran Sosiologi adalah realitas kehidupan yang ada di masyarakat. Sesuai dengan karakteristik pembelajaran K13 dengan pendekatan scientifik maka harapannya siswa dapat secara aktif menemukan sumber belajar salah satunya melalui media pembelajaran. Oleh karena itu guru menjadi perlu untuk mengetahui dan memiliki keterampilan dalam pengembangan media pembelajaran. 
Tim PPM yang beranggotakan dosen dari Jurusan Pendidikan Sosiologi FIS UNY Grendi Hendrastomo, M.A, Nur Endah Januarti, M.A. dan Adi Cilik Pierewan, Ph.D dan didampingi 2 mahasiswa ini  melaksanakan kegiatan selama 5 kali pertemuan. Pada pertemuan pertama 5 Juli 2017 dilaksanakan orientasi analisis kondisi lingkungan pembelajaran, materi Strategi Pembelajaran Kurikulum 2013 dan Pemilihan media pembelajaran. Selanjutnya pertemuan kedua, 6 Juli 2017 dilaksanakan tutorial pembuatan media pembelajaran berbasis teknologi informasi. Bapak ibu guru dilatih membuat media pembelajaran melalui editing foto dan foto untuk disusun dalam sebuah video melalui aplikasi movie maker. Video tersebut kemudian dijadikan sumber belajar yang disesuaikan dengan strategi pembelajaran yang inovatif. Para guru didampingi oleh mahasiswa yang sebelumnya telah menempuh mata kuliah kependidikan sehingga dapat membantu proses pelatihan dengan baik. Pada pertemuan ketiga yakni 12 Juli 2017 guru diberikan kesempatan secara mandiri untuk melanjutkan pembuatan produk media di sekolah masing-masing. 
Setelah produk siap digunakan, pada pertemuan keempat 19 Juli 2017 para guru mempresentasikan hasil produknya. Guru-guru sangat antusias dalam proses presentasi karena diberikan kesempatan untuk saling mendiskusikan hasil karya teman-teman guru yang lain. Pada pertemuan terakhir 24 Juli 2017 dipilih 1 guru model yang mempraktekkan proses pembelajaran menggunakan media pembelajaran hasil karyanya selama pelatihan. Kegiatan ini dilaksanakan di SMA 1 Pathuk dengan guru model Aprilia Nofitasari, S.Pd. Beliau adalah guru muda di SMA tersebut. Dari hasil pembelajaran disebutkan oleh salah satu siswa kelas X IIS bernama Rega bahwa pembelajaran Bu April menyenangkan dan tidak membosankan. Selanjutnya diungkapkan bahwa ternyata belajar Sosiologi dengan Kurikulum 2013 itu asyik. “Saya menjadi lebih mengerti materi yang didiskusikan. Selain itu dapat berlatih mengemukakan banyak pendapat dalam kegiatan diskusi tadi dan video Bu April bagus”ujarnya. (End)