Musyawarah Keluarga Ilmiah UKMF Screen : Menyongsong Tahun Prestasi

Puluhan mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta (FISE UNY) luangkan waktu liburnya untuk mengikuti musyawarah keluarga ilmiah Unit Kegiatan Mahasiswa Fakultas Social Community of REsearch and EmpowermeNt (UKMF Screen). Bertajuk “Perubahan Pasti Untuk FISE Cerdas, Ilmiah dan Menginspirasi”  acara yang dilangsungkan pada Sabtu (22/1) bertempat di Aula gedung FE UNY dibuka Suhadi Purwantara, M.Si. Pembantu Dekan I FISE UNY sekaligus Plt Pembantu Dekan III FISE UNY.

Dalam sambutannya, Suhadi menyampaikan bahwa banyak orang besar lahir karena adanya ide dan gagasan. Ide dan gagasan mahasiswa yang dilahirkan melalui karya-karya ilmiah sangat dihargai dan diharapkan oleh sivitas akademika fakultas, karena dengan hal tersebut dapat mendorong maju dan berkembangnya dunia akademik. Ide dan gagasan yang lahir itu bisa jadi malah berasal dari hal-hal sederhana, yang kadang-kadang sering tidak diperhatikan. “Banyak karya-karya yang lolos Pimnas dan menjadi juara hanya berasal dari hal-hal sederhana”, ujarnya.

Komitmen untuk meraih prestasi juga diungkapkan Suhadi ini menjanjikan bahwa akan ada usaha-usaha dari pihak fakultas untuk turut memberikan stimulus bagi lahirnya karya-karya mahasiswa tahun 2011 ini, misalnya saja dengan pemberian bantuan dana untuk penelitian. Tahun 2011 dengan dimotori oleh UKMF Screen, FISE siap menyongsong tahun penuh prestasi.

Dalam laporannya, Eko Risqa Sari Ketua UKMF screen menyampaikan bahwa selama tahun 2010 pengurus Screen telah meraih beberapa prestasi, diantaranya ialah Juara III MKTQ UNY, Juara II lomba Esai PBSI UNY, Juara III Lomba Esai BEM FISE UNY, Juara harapan II lomba poster tingkat nasional,penerima dana Program Mahasiswa Wirausaha, penerima Student Union Grant, serta meloloskan satu tim ke PIMNAS.

Menurut Putut Wisnu Kurniawan, S.Pd, mantan Ketua UKMF Screen periode 2009 mengatakan bahwa pada tahun ini secara kelembagaan, prestasi yang diraih telah mengalami peningkatan. “Hal ini menunjukkan bahwa ada korelasi positif antara organisasi kemahasiwaan dengan prestasi”, ujarv peraih predikat Wisudawan Aktifis Terbaik ini. Acara yang berlangsung hingga sore hari ini, beragendakan untuk meminta dan mengevaluasi laporan pertanggungjawaban pengurus tahun 2010, pembahasan AD-ART, serta memilih kepengurusan untuk periode tahun 2011-2012. Diharapkan tahun depan Screen mampu untuk menjadi pendorong lahirnya karya-karya tulis mahasiswa yang mampu berkompetisi di tingkat nasional. [triyanto]