OPSI UNY 2013 CIPTAKAN GENERASI MUDA INOVATIF

Banyak hal yang sebenarnya dapat dikembangkan dalam pendidikan di Indonesia. Tidak hanya terbatas pada keilmuan praktis yang langsung menyentuh aspek pembangunan saja, namun lebih jauh sisi-sisi keilmuan lain perlu dikembangkan, misalnya pengembangan sumber daya manusia. Pengembangan pendidikan bisa dilakukan dengan adanya inovasi pendidikan bagi generasi muda. Dilatarbelakangi oleh kondisi tersebut, UKMF SCREEN Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Yogyakarta (FIS UNY) yang bergerak dalam bidang penelitian menyelenggarakan kegiatan Olimpiade Penelitian dan Seminar Ilmiah (OPSI) dengan tema Inovasi Pendidikan Berbasis Teknologi Menuju Indonesia Cerdas. “Kegiatan tersebut bertujuan  untuk menciptakan generasi muda Indonesia yang cerdas dan mampu memberikan inovasi pendidikan bagi Indonesia” papar Ketua Panitia OPSI.

Kegiatan OPSI UNY tahun 2013 digelar pada bulan September 2013 di FIS UNY dan dihadiri oleh Dekan FIS, Ketua BEM KM UNY, Ketua UKMF SCREEN, perwakilan Ormawa FIS, perwakilan UKMF Penelitian se-UNY, guru pendamping, para finalis, dan para mahasiswa UNY. OPSI UNY untuk kali pertamanya ini dibagi dalam dua kegiatan, yaitu Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) bagi siswa SMA/SMK di DIY dan Jawa Tengah serta Seminar Ilmiah. Untuk kegiatan LKTI yang diikuti oleh berbagai tim dan 10 finalis telah memperesentasikan karyanya dihadapan dewan juri.

Dalam  sambutannya, Dekan FIS UNY, Prof. Dr. Ajat Sudrajat, M.Ag menyampaikan perlunya inovasi dalam pendidikan di Indonesia agar pendidikan tidak monoton dan diharapkan bisa maju seperti negara-negara tetangga Indonesia. Setelah acara pembukaan, seluruh finalis LKTI mempresentasikan karyanya di ruang Cut Nyak Dien. Sementara itu, Seminar dengan tema “Urgensi Penelitian Ilmiah dalam Mewujudkan Pendidikan Indonesia yang Berkualitas” digelar di Ruang Ki Hajar Dewantara FIS UNY. Dalam seminar tersebut menghadirkan dua pakar pendidikan di UNY, yaitu Prof. Dr. C. Asri Budiningsih dari FIP dan Dr. Das Salirawati, M.Si dari FMIPA. Kedua pembicara mampu memberikan tambahan pengetahuan, khususnya tentang pentingnya penelitian dan inovasi dalam bidang pendidikan. Sementara, Dr. Das Salirawati, M.Si yang juga seorang pelawak mempresentasikan makalahnya dengan selingan humor khasnya sehingga suasana seminar menjadi tidak menjenuhkan

Pada akhir acara diumumkan para pemenang lomba. Dalam kesempatan tersebut, SMA N 2 Yogyakarta berhasil meraih juara 1 dan berhak memperoleh Tropy Gubernur DIY, uang pembinaan, dan sertifikat. Juara 2 diraih oleh tim dari SMK N 1 Yogyakarta sedangkan juara 3 diraih oleh tim SMA N 1 Kendal, Jawa Tengah. Kegiatan OPSI UNY tahun 2013 terlaksana dengan sukses berkat kerja keras seluruh panitia yang didukung oleh berbagai pihak, antara lain Pemerintah Provinsi DIY, Pemda Sleman, UNY, serta para sponsor yang telah mendukung acara ini. Melalui kegiatan OPSI UNY tersebut, UKMF SCREEN berharap bisa menumbuhkan semangat para siswa SMA/SMK maupun mahasiswa UNY dalam membuat karya ilmiah, tentunya dengan meneliti dan menulis. (Janu/Eko)