PELATIHAN JURNALISTIK ADVANCE FIS UNY

Merebaknya media massa dewasa ini, khususnya media cetak, seperti surat kabar, tabloid, dan majalah, merupakan salah satu wujud dari era informasi dan keterbukaan. Berbagai informasi disampaikan tiap hari dan tiap saat. Berbagai pandangan pun berkembang seakan tiada mengenal henti. Semua pesan dari media informasi di konsumsi oleh masyarakat serta menjadi bahan informasi dan referensi pengetahuan mereka.
Jurnalistik telah banyak memberi kontribusi bagi perkembangan media massa. Berkat jurnalistik, kemajuan teknologi bisa dibaca oleh banyak orang. Jurnalistik merupakan dunia yang mengasyikkan dan memberi banyak manfaat terutama untuk pengambangan skill. Pelajar dalam hal ini mahasiswa pun perlu dikenalkan dan diakrabkan dengan dunia jurnalistik. Sebagai bagian dari kelompok terdidik, mahasiswa juga harus memiliki kemampuan dalam mengembangkan potensi dalam dirinya. Salah satunya adalah dalam dunia tulis menulis. Jurnalistik sebagai bagian dari dunia tulis menulis memberi kesempatan kepada mahasiswa di dalam meningkatkan skills mengelola dunia jurnalistik.
Berlangsung selama tiga hari, mulai Kamis, (10/04/2014) diadakan pelatihan jurnalistik Advance untuk mahasiswa di Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Yogyakarta (FIS UNY). Pelatihan ini digagas oleh Humas dan bidang kemahasiswaan FIS UNY bekerjasama dengan Harian Kompas. Acara pelatihan yang diikuti oleh 21 mahasiswa di lingkungan Fakultas ini dibuka oleh Wakil Dekan I FIS UNY, Cholisin, M.Si.  WD I FIS berpesan pada  peserta pelatihan agar benar-benar mengikuti dengan aktif karena kegiatan ini akan bermanfaat bagi para mahasiswa di masa mendatang. Cholisin menambahkan kegiatan ini digagas sebagi persiapan penerbitan buletin fakultas (SMART NEWS) edisi Mei 2014.
Selama pelatihan, peserta  belajar mengenai  manajement  jurnalistik, dasar-dasar jurnalistik (nara sumber Toni D. Widyastomo), serta forografi dan teknik layout (narasumber Lim Bun Chai). Mereka berdua merupakan punggawa senior Kompas pusat (Jakarta). Peserta dalam latihan ini tidak hanya belajar teori, kaidah dan pemaknaan menulis tapi diajak untuk memperkaya pemahamannya melalui diskusi partisipatif. Selain itu peserta diminta untuk  melakukan praktek lapangan dengan melakukan liputan. Peserta mengikuti acara pelatihan ini dengan antusias terbukti dengan tidak ada satu pun peserta yang meninggalkan setiap sesion pelatihan. Ketika melakukan praktek liputan ke lapangan peserta juga melakukan dengan baik dan bersemangat, meskipun pada saat itu cuaca terik siang hari.
Menurut salah satu peserta pelatihan, “kami sebagai mahasiswa yang peduli dan mempunyai keinginan untuk mendalami dunia media informasi khususnya media cetak sangat terfasilitasi dengan adanya kegiatan dari pihak fakultas”, ujarnya. Dengan Pelatihan ini diharapkan akan memunculkan mahasiswa yang memiliki kemampuan di dalam mengelola media massa secara handal untuk semakin mempercepat pencapaian tujuan lembaga atau organisasi (Danu).