Pelatihan Pengupload Karya Tulis Ilmiah FISE UNY

Pelatihan Pengupload Karya Tulis Ilmiah (19/2) bertempat di Laboratorium FISE Net yang diselenggarakan Fakultas Ilmu Sosial dan Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta (FISE UNY) ini dalam rangka mendukung program Universitas dalam menaikkan peringkat webometric dengan harapan bisa masuk 10 besar webometrics tingkat Indonesia nantinya. Untuk saat ini Peringkat UNY pada Januari 2011 berada di posisi 19 webometrics tingkat Indonesia. Selain itu pula, dengan diadakan pelatihan ini diharapkan bisa memberikan motivasi dan kemudahan bagi Dosen dan Admin Jurusan dalam mengupload karya-karya tulis ilmiah, meningkatkan ketrampilan IT, nama baik institusi dan pelayanan kita, demikian sambutan Dekan FISE UNY Sardiman AM, M.Pd. pada saat membuka acara. Pelatihan diikuti sekitar 34 peserta terdiri dari Dosen Pengelola Jurnal, Admin Fakultas/Jurusan dan Humas. Menghadirkan pembicara Kepala Puskom UNY Herman Dwi Surjono, PhD. dan Instruktur Praktek, Prasetyo Maulana, ST. Acara juga dihadiri Pembantu Dekan I, Kabag dan Kasubag FISE UNY.

Herman mengatakan, Sebenarnya untuk mengupload karya-karya ilmiah langkahnya sangat sederhana dan mudah. Tinggal mendaftarkan diri untuk login, kita baru bisa memanfaatkan layanan pengupload-tan setelah mendapatkan username dan password. Yang terpenting siapkan materi yang akan diupload dalam format Ms. Word maupun Print Document File (PDF) namun lebih disarankan untuk menggunakan format PDF dikarenakan lebih fleksibel ketika orang lain akan memanfaatkan tulisan/materi yang disajikan, ukuran filenya kecil dan lebih mudah diakses.

Karya Ilmiah Mahasiswa, Laporan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) akan diupload di alamat web eprints.uny.ac.id oleh Admin Jurusan sedangkan untuk karya-karya Dosen yang terdiri dari Karya Ilmiah, Artikel, Pengabdian Pada Masyarakat (PPM) dan Penelitian diupload di alamat web staff.uny.ac.id oleh masing-masing Dosen yang bersangkutan, lanjut Herman. (Isti)