Pelayanan Prima Yang Berkarakter

Mengawali tahun 2011 dengan semangat baru, FISE UNY mengadakan Pelatihan “Peningkatan Layanan Kerja bagi Pegawai FISE”, yang diadakan di area Agrowisata Perkebunan Teh Tambi Wonosobo, Jumat lalu, diikuti 90 peserta. Acara yang berlangsung selama 2 hari tersebut, dibagi menjadi 2 kelompok, yaitu kelompok pegawai administasi dengan topik “Pelayanan Prima yang Berkarakter” dan kelompok Dosen  yang membahas “Perkuliahan Pendidikan Karakter”.  Sebagai nara sumber dalam acara tersebut Dekan FISE UNY, Sardiman AM, MPd, Pembantu Dekan 1, Suhadi Purwantara, MSi, Pembantu Dekan 2, Dr. Sugiharsono, Kepala Kantor Humas, Promosi, Protokoler UNY, Lena Satlita MSi, Kabag TU FISE, Endang Prihartini, M.Hum dan Tim Pendidikan Karakter, Prof. Dr. Ajat Sudrajat, Dr. Samsuri, M.Ag. Selain pelatihan, Sabtu paginya  peserta juga mengikuti kegiatan Tea Walk di perkebunan Tambi dan outbound untuk membangun kerjasama dan kekompakan.

Sardiman mengatakan pekerjaan sebagai dosen dan karyawan merupakan pilihan Bapak/ibu yang mestinya harus disyukuri dan dipandang sebagai amanat dari Tuhan YME. Dengan berlandaskan pengetahuan, sikap istiqomah, dan perbuatan makruf,  realisasinya kita wujudkan dalam lisan, dengan anggota tubuh dan hati sehingga kewajiban yang harus dilakukan, pelayanan yang kita lakukan bisa sebaik-baiknya dan memuaskan pemangku kepentingan (mahasiswa, masyarakat). “Renungkan semua ini dalam hati kita, bagaimana seharusnya kita mensyukuri semua ini, sehingga kita semua bisa ikhlas dalam menjalani tugas kita”, harapnya. Dengan itu semua, Kultur Kampus seperti yang kita inginkan bersama bisa terwujud. Dekan FISE melanjutkan arah pengembangan Kultur Kampus  harus mampu harus menuju standar moral yang tinggi, tanggungjawab (kerja keras, peduli, tertib, dan disiplin), kolaboratif, jujur, sopan santun , bersih dan rapi. Dan itu tidak bisa dilakukan lewat ceramah atau anjuran melainkan harus lewat pembiasaan dan pembudayaan dengan keteladanan. Atau bahkan awalnya  harus lewat Dipaksa, sehingga Terpaksa dan akhirnya Biasa, tegasnya. Kultur kampus yang positif tidak bisa ditawar lagi karena hasil penelitian menunjukkan pembelajaran yang baik hanya dapat berlangsung pada kampus yang memiliki kultur positif. Suatu kultur kampus yang sehat akan berdampak pada kesuksesan mahasiswa, dosen/pendidik, dibandingkan dengan dampak bentuk reformasi pendidikan yang lain, jelasnya.

Senada dengan Sardiman, Ka HPP UNY, Lena Satlita, MSi mengatakan untk melaksanakan pelayanan prima harus keluar dari hati. Pelayanan sepenuh hati bisa terwujud kalau selalu postif thingking dan selalu bersyukur  terhadap apa yang kita miliki. “Bapak/Ibu, adalah orang-orang beruntung, orang-orang pilihan yang berhasil menjadi pegawai di UNY,diantara ratusan bahkan ribuan orang yang ingin menjadi PNS”, seru Lena.  Harusnya, kita cinta dan bangga pada pekerjaan kita, baik yang pimpinan sampai petugas bersih- bersih karena semua pekerjaan tersebut saling berkontribusi untuk kemajuan FISE UNY. Tidak ada pekerjaan yang lebih baik atau lebih rendah, sehingga kita  harus bangga dengan diri kita telah berperan sesuai dengan porsi kita masing-masing untuk kesuksesan bersama. Kalau ini bisa diwujudkan, tidak akan sulit bagi kita untuk memahami dan menghargai customer kita dengan sapaan yang sopan dan ramah, senyuman yang tulus dan  selalu siap membantu customer dengan memberikan pelayanan yang cepat,  akurat, mempermudah dan selalu mengutamakan customer kita.

Sementara  Dr. Sugiharsono memotivasi peserta dengan memberikan motto kerja  antara lain: berikan lebih banyak dari yang diminta, berikan lebih baik dari yang diharapkan, datanglah lebih awal dari batas waktu yang ditetapkan, mau berubah demi kemajuan, lapang dada dalam menerima kritik, tidak malu meniru kebaikan orang lain. PD2 tersebut juga meminta semua pegawai melakukan refleksi atas keberadaan diri dalam organisasi,  apakah yang telah dihasilkan dari waktu yang telah dilalui. PD2 berharap semua bisa mencapai angka tertinggi 9,  selain bentuknya dinamis, juga menunjukkan pucak,optimal,  bisa mencapai produktivitas tinggi, konsisten, memiliki prinsip hidup yang kuat, tidak mudah di provokasi.

Sedangkan PD1, Suhadi Purwantara, MSi pada kesempatan tersebut menyampaikan ucapan terimakasih kepada semua karyawan yang telah berusaha seoptimal mungkin dalam menjalankan tugasnya masing-masing. FISE dari tahun ke tahun terus mengalami kemajuan di berbagai bidang. Suhadi menjelaskan tahun 2011 , program kegiatan akan semakin padat . Selain program rutin, juga akan diadakan lokakarya penyusunan SOP Mitigasi Bencana, seminar internasional, serta kegiatan akademik lainnya. Suhadi mengajak para karyawan untuk terus meningkatkan disiplin dan tetap bersemangat menghadapi tugas-tugas yang semakin banyak dan berat. “Kalau kita menerimanya bukan sebagi beban, tetapi sebagai sebuah amanah, sebagai sebuah kepercayaan, pekerjaan seberat apapun akan terasa ringan”, ujarnya menutup pembicaraan. Di akhir acara Suhadi memberikan doorprize bagi peserta yang bisa menjawab pertanyaan yang diajukan. (lensa).