Pembukaan PLPG Gelombang I Tahun 2011 FISE UNY

Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG) diadakan dalam rangka membangun komitmen bersama calon guru profesional walaupun dalam prakteknya Guru tentunya sudah sangat profesional. Pelaksanaan sertifikasi guru kali agak berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Kalau yang lalu lebih diutamakan dengan portofolio, dengan portofolio dimaksudkan untuk lebih mempermudah tetapi kenyataannya guru agak direpotkan apalagi bagi guru yang tidak aktif turut serta mengikuti kegiatan-kegiatan seperti seminar, workshop, pelatihan dan lain sebagainya sehingga tidak mempunyai bukti berupa sertifikat, demikian sambutan Sardiman AM, M.Pd. Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta (FISE UNY) dalam membuka PLPG Gelombang I Tahun 2011 FISE UNY yang diikuti sebanyak 139 guru kelompok bidang studi Ilmu Sosial dan Ekonomi pada Rabu (27/7) di Ruang Ki Hajar Dewantara FISE UNY. Pelaksanaan PLPG berlangsung selama 10 hari. Acara juga dihadiri Pembantu Dekan I FISE UNY Suhadi Purwantara, M.Si.

Biasanya PLPG diadakan di suatu tempat dengan menginap tapi kali ini justru dibuat sedemikian rupa dikemas di dalam kampus sehingga diharapkan mampu menciptakan suasana yang kondusif dalam kegiatan pembelajaran. Dalam praktek peer teaching guru juga bisa memanfaatkan lab microteaching. Selain itu pula guru juga bisa bernostalgia dengan suasana kampus saat ini. Tentunya bagi alumni bisa sebagai ajang bersilaturahmi dengan teman sejawat dan Dosen serta mengenang masa lalu, ujar Sardiman.

Pelaksanaan PLPG kali ini kita modifikasi sedikit dengan model tahun lalu. Saya pribadi lebih senang dengan PLPG tidak hanya portofolio saja. Dikarenakan dengan PLPG tentunya ada 0,001% punya nilai tambah pada waktu berinteraksi dengan teman sejawat dan Dosen. Mudah-mudahan dengan perubahan teknis dapat memberi perubahan ke arah yang lebih baik, harapnya. (Isti)