PENYUSUNAN DOKUMEN DAN LAPORAN KEUANGAN BAGI USAHA KECIL DAN MEMENGAH (UKM)

Untuk menjalankan bisnis dan mengembangkannya kita perlu bekerja sama dengan pihak luar seperti investor, pemerintah, atau perusahaan lain yang bersifat saling melengkapi. Agar masing-masing pihak memahami, mematuhi, bertanggung jawab, dan untuk menghindari perselisihan di kemudian hari, kerjasama tersebut perlu dituangkan dalam sebuah kontrak. Demikian salah satu materi yang disampaikan Nurhadi, MM dalam Pelatihan Penyusunan Dokumen dan Laporan Keuangan Bagi Usaha Kecil dan Memengah (UKM) yang dilaksanakan Jum’at - Sabtu (6-7/5) di UNY Kampus Wates. Pelatihan tersebut diikuti oleh sekitar 20 orang peserta pelaku UKM dari berbagai bidang usaha sekitar Kampus Wates.

Selain penyampaian materi oleh Nurhadi, MM, Dapan, M.Kes, Joko Kumoro, M.Si, dan Siswanto, M.Pd. pada kesempatan tersebut juga diisi dengan praktikum penyusunan dokumen kontrak kerja sama, dokumen kesekretariatan dan laporan keuangan dengan bimbingan pemateri.

Menurut ketua Tim PPM Siswanto, M.Pd., diselenggarakannya pelatihan ini sebagai upaya untuk melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi khususnya di UNY Kampus Wates sekaligus dalam rangka Dies Natalis ke-47 Universitas Negeri Yogyakarta. Diharapkan dengan pelatihan tersebut para peserta mampu menyajikan informasi keuangan dan membuat dokumen-dokumen yang berguna untuk mengembangkan usahanya, sehingga sedikit banyak dapat membantu meningkatkan kesejahteraan para pelaku UKM sekitar kampus. (rosyid)