PKKMB FIS 2018: MAHASISWA BARU PERLU MEMILIKI NEED FOR ACHIEVEMENT

Perguruan tinggi di Indonesia mulai melaksanakan program Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) setelah proses penerimaan mahasiswa baru tahun akademik 2018 usai. Adapun tujuan PKKMB menurut surat edaran dari menristekdikti adalah untuk memperkenalkan dan mempersiapkan mahasiswa baru dalam proses transisi menjadi mahasiswa, di dalamnya diisi dengan berbagai kegiatan yang terkait dengan penanaman wawasan kebangsaan/cinta tanah air/bela negara dan mempelajari berbagai hal yang berkaitan dengan kegiatan akademik, kegiatan kemahasiswaan serta kebijakan kampus sehingga dapat menjadi bekal untuk mendukung keberhasilan studinya di perguruan tinggi. Pembukaan PKKMB Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta (FIS UNY) FIS UNY tahun 2018 dilaksanakan di Taman Pancasila UNY pada hari Senin (13/8/2018). PKKMB tahun 2018 ini mengusung tema “FIS Bergelora, Bergerak Mewujudkan Sinergitas dalam Karya untuk Kemajuan Bangsa”. Kegiatan ini dihadiri oleh Dekan, Wakil Dekan, Kajur/Kaprodi, Kabag, Kasubag dan mahasiswa baru FIS UNY.

Kegiatan PKKMB FIS UNY 2018 dibuka oleh Dekan FIS UNY ditandai dengan penyalaan obor. Obor diartikan sebagai sifat yang membakar, bermakna bahwa manusia dalam menjaankan hidup hendaknya harus senantiasa bersemangat dalam meraih cita-cita dan selalu berkobar untuk mencapai yang terbaik. Sifatnya yang membakar ke atas menggambarkan bahwa dalam hidup, manusia hendaknya selalu bermimpi yang tinggi, tidak rendah diri, dan selalu berpikiran visioner. Mengingat, ppotensi kita jauh lebih besar dibandingkan dengan hambatan yang kita hadapi.

Pada kesempatan tersebut, Dekan FIS UNY, Prof. Dr. Ajat Sudrajat M.Ag. mengenalkan jajaran pimpinan di FIS UNY yang terdiri dari dekan, wakil dekan, kajur/kaprodi, kabag dan kasubag. Ajat juga memberikan motivasi mahasiswa baru FIS UNY dengan menekankan pentingnya need for achievement (kebutuhan untuk berprestasi) yakni sebuah kebutuhan untuk menggapai kesuksesan. Seorang mahasiswa harus memiliki keuletan yang dapat mengarahkan pada usaha untuk mencapai prestasi. Motivasi berprestasi perlu ditingkatkan dari waktu ke waktu sehingga mahasiswa dapat mengukir prestasi yang membanggakan. “Salah satu cara untuk berprestasi adalah dengan membiasakan hidup disiplin, kerja keras dan pantang menyerah” paparnya

Ajat menambahkan, jika di kampus ini banyak mahasiswa yang memiliki need for achievement yang tinggi, maka fakultas ini akan mengalami berbagai kemajuan dan dapat mendorong pencapaian cita-cita institusi. “Saya berharap, para mahasiswa baru ini mampu mengukir prestasi baik di tingkat nasional maupun internasional dan semoga pemimpin-pemimpin bangsa masa depan lahir dari para mahasiswa FIS UNY ini”harapnya. (Eko)