PRODI PENDIDIKAN SOSIOLOGI UNY GELAR SOSIALISASI KURIKULUM MBKM DI PRODI PENDIDIKAN SOSIOLOGI FPIPS UPI

Senin, (4/10) Prodi Pendidikan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial (FIS UNY) telah melakukan kegiatan sosialisasi Kurikulum Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM) ke Prodi Pendidikan Sosiologi Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Universitas Pendidikan Indonesia (FPIPS UPI). Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian implementasi dari program Center of Excellence (CoE) yang diemban oleh Prodi Pendidikan Sosiologi FIS UNY. Kegiatan ini bertujuan untuk sharing praktik baik tentang pelaksanaan kurikulum MBKM ke prodi lain di luar UNY, dimana UPI menjadi universitas kedua setelah UNNES. Dalam kegiatan sosialisasi MBKM ini, dihadiri 3 dosen tim Task Force CoE Prodi Pendidikan Sosiologi FIS UNY, dan 7 dosen dari Prodi Pendidikan Sosiologi FPIPS UPI. Siti Komariah, M.Si.,Ph.D. (Ketua Program Studi Pendidikan Sosiologi FPIPS UPI); Prof. Dr. Elly Malihah, M.Si.; Puspita Wulandari, M.Pd.; Dr. Wilodati, M.Si.; Sri Wahyuni, M.A.; dan Fajar Nugraha Asyahidda, M.Pd. Acara ini dibuka oleh ketua prodi Pendidikan Sosiologi FPIPS UPI sekaligus memberikan sambutan terkait kegiatan sosialisasi MBKM yang dilakukan oleh Prodi Pendidikan Sosiologi UNY.
Untuk acara inti dalam program ini dipandu langsung dosen Pendidikan Sosiologi FIS UNY, Grendi Hendrastomo, M.M., M.A. Dalam kesempatan tersebut, Grendi juga menyampaikan materi mengenai pengembangan kurikulum dan rintisan kerja sama yang telah dibangun selama ini. Dalam pemaparan materi ini, Grendi menyebutkan poin penting seperti, bagaimana tahapan pengembangan kurikulum mulai dari dari penyusunan kurikulum berdasarkan peraturan yang ada (Baik Peraturan Menteri maupun Peraturan Rektor), proses pengembangan jaringan/mitra dengan berbagai lembaga mulai dari lembaga pemerintahan, LSM, masyarakat desa, hingga lembaga pendidikan, serta penyempurnaan kurikulum MBKM tahun 2021 yang akan digunakan oleh seluruh Angkatan.
Dalam kesempatan tersebut hadir pula sebagai pemateri ke 2, Dosen Pendidikan Sosiologi FIS UNY, Nur Endah Januarti, M.A. Dalam materi ke 2 Endah memaparkan tentang Proses Penyempurnaan Kurikulum yang telah dilakukan, salah satunya melalui pengembangan perangkat pembelajaran berbasis Team Based Project dan/atau Case Methode. Materi lain yang disampaikan juga tentang skema ekuivalensi prodi pada beberapa kegiatan belajar di luar kampus yang dilakukan mahasiswa. Proses ini menjadi penting untuk melihat bagaimana kegiatan belajar di luar kampus harus sesuai dengan kompetensi lulusan pada prodi bersangkutan, serta pengakuan SKS juga harus disesuaikan dengan peraturan yang telah dikeluarkan oleh prodi.
Materi terakhir yang disampaikan oleh dosen FIS UNY, membahas tentang Implementasi Kurikulum MBKM. Materi ke 3 disampaikan Sasiana Gilar Apriantika, M.A. Pada kesempatan ini, menjelaskan bagaimana proses sosialisasi, seleksi, pembekalan, hingga penerjunan kegiatan belajar di luar kampus yang telah dilakukan oleh Prodi Pendidikan Sosiologi FIS UNY. Disampaikan pula oleh Sasiana,  bagaimana pelaksanaan kegiatan belajar di luar kampus oleh mahasiswa, seperti kegiatan magang, membangun desa, proyek kemanusiaan dan juga beberapa tantangan yang biasa dihadapi. Prodi Pendidikan Sosiologi FIS UNY juga sharing tentang praktik baik tentang bagaimana menghadapi dinamika yang muncul pada mahasiswa, terutama terkait dengan proses ekuivalensi kegiatan belajar di luar kampus agar tetap sejalan dengan profil lulusan prodi.
Setelah pemaparan materi,  dalam sesi tanggapan dari Prodi Pendidikan Sosologi FPIPS UPI, ternyata disampaikan bahwa pelaksanaan kurikulum MBKM yang secara umum terdapat kesamaan di beberapa bagian.  Kedua prodi ini saling bertukar pengalaman untuk bisa menjadi contoh baik dalam implementasi MBKM. Dala kesempatan tersebut disimpulkan Prodi Pendidikan Sosiologi FPIPS UPI belajar tentang penyusunan dan proses ekuivalensi kurikulum MBKM, sedangkan Prodi Pendidikan Sosiologi FIS UNY belajar tentang bagaimana strategi mendorong mahasiswa agar berminat melaksanakan kegiatan belajar di luar kampus. Harapannya, ke depan akan banyak terjalin kerja sama antara Prodi Pendidikan Sosiologi FPIPS UPI dan Prodi Pendidikan Sosiologi FIS UNY, terutama dalam proses pengembangan dan implementasi kurikulum MBKM. (Sasi & Sari)