PUSTAKAWAN FIS RAIH JUARA II PUSTAKAWAN BERPRESTASI TINGKAT NASIONAL

Sesosok wanita kecil, berjilbab dan selalu ramah pada semua orang telah berhasil kembali mengharumkan nama Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), khususnya Fakultas Ilmu Sosial (FIS). Dia biasa dipanggil Daning atau mbak Daning. Wanita dengan nama lengkap Perdaning Widyanti, S.Psi adalah pustakawan dari FIS UNY yang mewakili UNY dalam ajang pendidik dan tenaga kependidikan berprestasi DIKTI tahun 2012. Tak sia-sia perjuangan yang dilakukannya selama beberapa hari menjelang ajang tersebut. Daning berhasil menyabet juara II pustakawan berprestasi berhasil dikalahkan oleh Arief Surachman dari universitas tetangga sebelah (UGM). Kegiatan yang diadakan tanggal 13-16 Juli lalu tersebut diikuti oleh 15 orang dari tiap kategori. Untuk kategori pustakawan sendiri diikuti diantaranya berasalal dari UNY, UGM, ITB, IPB, UNS, UNESA, UK Satya Wacana, Universitas Pelita Harapan Jakarta, UK Petra Surabaya, UNESHA, Universitas Bangka Belitung, Unika Soegija Pranata, Unika Widya Mandala Surabaya, UII dan Universitas Muhamadiyah Surabaya.
Dalam kegiatan yang dilaksanakan di hotel Inna Garuda Yogyakarta tersebut menghadirkan dewan juri yang berasal dari UGM dan UI yang masing-masing terdiri dari 2 orang, UNPAD Bandung, UII, UNY, USU, UK Petra, dan salah satu diantara para juri tersebut adalah seorang psikolog dari UI Jakarta. Daning beserta seluruh peserta diberikan kesempatan untuk mempresentasikan makalahnya selama 15 menit dan  diberi kesempatan waktu untuk tanya jawab sekitar 30 menit. Pada kesempatan tersebut para dewan juri menilai portofolio, materi yang berisi tentang makalah, presentasi dan jawab, Focus Group Discussion (FGD), aspek psikologi yang dilihat dari perilaku saat berinteraksi, presentasi dan FGD.
Untuk pustakawan berprestasi tahun 2012 dimenangi oleh Arief Surachman dari UGM, kedua diraih Perdaning Widyanti dari UNY dan untuk juara ketiga diraih Rikarda Ratih dari Unika Soegija Pranata. Dalam kegembiraannya Daning menuturkan bahwa apa yang diraihnya tidak bisa terlepas dari dukungan dan do’a baik dari orang-orang terdekat maupun teman-teman di UNY. Daning yang sempat merasa underestimate karena melihat lawan-lawannya sungguh luar biasa, mereka adalah prang-orang yang berbobot dan sangat menguasai teknologi informasi. Mereka mempunyai prestasi dan pengalaman segudang yang membuat Daning merasa kecil hati. Namun Daning merasa beruntung dan mengingat pesan Rektor UNY, Prof. Dr. Rochmat Wahab, M.Pd., MA untuk ikhlas menjalani semua. “ Saya ikhlas dan berserah aja mbak, seperti yang dipesankan Pak Rektor untuk ikhlas aja menjalani semua. Saya berniat menjalankan amanah dan semoga semua yang telah mendukung ikhlas pula menerima apa pun hasilnya.” Dan Alhamdulillah berkat  dukungan dari semua pihak, Daning berhasil menyabet juara II pada kompetisi tersebut.
Daning menyampaikan, “Dukungan dari pihak rektorat khususnya bagian kepegawaian dan perpustakaan pusat sangat besar.  Sebelumnya pada juara di tingkat UNY difasilitasi untuk mengerjakan portofolio yang akan dikirim ke Jakarta. Kami nglembur di UNY hotel selama 2 hari. Demikian juga bagi para finalis untuk mempersiapkan presentasi. Masukan, saran dan share informasi dari finalis tahun lalu banyak membantu.” Selain itu juga ada tim yang bertugas member penilaian awal, baik dari portofolio maupun bahan presentasi, dan tentunya para finalis juga diberikan waktu untuk memperbaiki. “Istilahnya ‘dibantai’ dulu mbak hehe..” ungkapnya bersemangat. Keberhasilan yang diraih Daning saat ini semoga bisa memicu semangat para akademisi lain yang ada di UNY dan FIS pada khususnya agar lebih berprestasi lagi dan tentu saja akan lebih mengharumkan nama dan citra UNY sendiri. (sari)