Segoro Amarto Antarkan Mahasiswa FIS Raih Penghargaan

Dalam ajang Temu Administrator Muda Indonesia (Temu Admi) di Universitas Brawijaya tanggal 22-25 September lalu, delegasi dari Jurusan Ilmu Administrasi Negara (IAN), Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta (FIS UNY) memperoleh penghargaan presentasi dan penelitian terbaik. Penelitian dengan tema ‘Pembangunan Berbasis Potensi Keunggulan Lokal’ ini digawangi oleh Silvia Sonya, Sarwindah Asyifa, M. Robi’e dan Eka Puspasari. Penelitian tersebut  mengangkat keistimewaan DIY sebagai potensi keunggulan lokal dalam penanggulangan kemiskinan melalui Gerakan Segoro Amarto.
Penelitian yang berjudul ‘Segoro Amarto: Inovasi Kebijakan Penanggulangan Kemiskinan Berbasis Kearifan Lokal Masyarakat Kota Yogyakarta’ merupakan lanjutan dari paper Segoro Amarto yang bulan Maret lalu juga berhasil meraih best paper. “Kalau kemarin kami mengangkat Segoro Amarto dari segi kepemimpinan Sultan dan itu hanya sebatas studi literatur, sekarang kami mencoba menggali lebih dalam dari segi inovasi kebijakannya melalui penelitian.” ungkap Silvia.
Bagi mereka, penghargaan tersebut merupakan suatu kebanggaan tersendiri. Pasalnya IAN FIS UNY baru menyatakan bergabung dengan Admi tahun 2012. “Temu Admi tahun lalu kita belum membuat penelitian karena masih berstatus sebagai anggota peninjau. Boleh dikatakan kalau tahun ini adalah pertama kalinya jurusan IAN ikut Admi sebagai anggota tetap dan Alhamdulillah dapat penghargaan.” kata Robi ketua delegasi.
Meskipun tergolong jurusan baru, kualitas mahasiswa jurusan IAN FIS UNY tidak bisa dipandang sebelah mata. Sebagai dosen pembimbing, Kurnia Nur Fitria, SIP mengaku sangat bangga atas prestasi anak didiknya tersebut.(Team SA/Eko)