Semarak SDP Penelitian FIS 2013

Student Development Program (SDP) merupakan program pengembangan softskill mahasiswa baru Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Program yang ada sejak tahun 2007 ini menjadi agenda tahunan bagi mahasiswa baru di setiap fakultas di UNY. SDP menawarkan beberapa pilihan yaitu SDP Jurnalistik, Enterpreneur, Leadership, dan Penelitian. Setiap fakultas memiliki manajemen acara yang berbeda untuk menghasilkan lulusan SDP yang berkualitas. SDP Penelitian di Fakultas Ilmu Sosial (FIS) dibawahi oleh UKMF Penelitian SCREEN, sedangkan tiga SDP lainnya merupakan wewenang BEM FIS UNY. Kegiatan SDP Penelitian FIS UNY tahun ini telah meluluskan 61 mahasiswa dari 139 mahasiswa.
Seperti tahun sebelumnya, rangkaian acara SDP Penelitian FIS tahun ini diawali dari Kapita Selekta yang merupakan gerbang peminatan SDP bagi mahasiswa baru. Dalam kegiatan tersebut, peserta diberi gambaran mengenai pentingnya menulis dan meneliti bagi mahasiswa. SDP penelitian tahun ini mengusung tema “Peneliti Muda, Buktikan Jati Diri Mahasiswa”. Untuk menyesuaikan tema dan semangat muda mahasiswa baru, SDP Penelitian FIS menghadirkan pembicara energik dari Fakultas Teknik (FT), Nova Suparmanto, mahasiswa berprestasi tahun 2013 dari jurusan Teknik Elektro. “Hiduplah dengan menulis, Seorang Mahasiswa bukanlah Mahasiswa tanpa tulisan” jelas pria kelahiran Bantul yang pernah meraih emas di PIMNAS Mataram 2013 tersebut.
Rangkaian acara selanjutnya adalah Seminar OPSI (Olimpiade Penelitian dan Seminar Ilmiah) yang diselenggarakan oleh UKMF SCREEN. Seminar tersebut mengusung tema “Inovasi Pendidikan Berbasis Teknologi Menuju Indonesia Cerdas”. Melalui acara ini, peserta SDP Penelitian diharapkan mampu memperluas jaringan informasi dan pengetahuan. Pada kesempatan tersebut, panitia menghadirkan Dr. Das Salirawati, M.Si. (Dosen Kimia FMIPA UNY) dan Prof.Dr.C. Asri Budiningsih (Dosen Teknologi Pendidikan FIP UNY).
Dalam rangkaian acara SDP digelar pula Simposium Forum Berlima. Di forum ini, peserta SDP Penelitian se-UNY berkumpul dan diberi kesempatan untuk mempresentasikan karyanya. Kegiatan tersebut dikemas secara apik sehingga membuat peserta semakin antusias dan acara semakin semarak. “Acara simposium itu asik banget, banyak hadiahnya” tutur Agung, salah satu peserta dari FIS UNY.
Jelscreen (jelajah Screen) ju